get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Didera Isu Obyek Air Terjun Jumog Hingga Telaga Madirda Tutup, Pengelola Sebut Murahan dan Hoax

Rabu, 08 Maret 2023 | 22:30 WIB
header img
Isu air terjun Jumog dan Telaga Madirda tutup berimbas terhadap penurunan jumlah kunjungan wisatawan (Foto: iNewskaranganyar/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Adanya isu penutupan obyek wisata air terjun Jumok di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar berimbas terhadap penurunan jumlah pengunjung ke obyek wisata yang terletak di lereng kaki Gunung Lawu. 

Tak hanya objek wisata air terjun Jumog saja yang didera isu ditutup, Telaga Madirda itupun ikut terkena isu menyesatkan tersebut.

Pihak pengelola obyek wisata air terjun Jomog membeberkan sejak adanya isu bila obyek wisata kunjungan Jumog tutup dibeberapa platfom media sosial,banyak para pelaku biro perjalanan wisata membatalkan kunjungannya.

Bahkan Manajer Air Terjun Jumog, Fahri Aristiyanto mengatakan penurunan jumlah kunjungan wisatawan ini sangat terasa sekali saat libur akhir pekan kemarin.

Biasannya, kunjungan wisatawan mencapai 2.500 orang setiap akhir pekan, namun sejak isu murahan itu berhembus, jumlah kunjungan wisatawan hanya 1.200 orang perharinya.

"Anjlok (kunjungan) hingga 50 persen.Ini karena ada aksi penutupan berimbas tunnya jumlah wisaawan. Dan ini sangat terasa sekali penurunanya. Biasannya setiap libur akhir pekan bisa mencapai 2.500 wisatawan, tapi sejak ada isu itu, jumlah wisatawan hanya 1.200 orang perhari," papar Fahri saat ditemui iNewskaranganyar.id di Air Terjun Jumog pada Rabu (8/3/2023).

Bila dikalkulasikan kerugian yang diderita obyek wisata Jumog sejak isu penutupan berhembus, mencapai jutaan rupiah perhari. Ini dihitung dari tiket masuk kawasan air Terjun Jumog di hari biasa ditarik Rp15.000 per orang dan weekend Rp20.000 per orang. 

"Sejak isu penutupan itu merebak, dia mengatakan sedikitnya ada 10 biro perjalanan yang membatalkan kunjungan ke Objek Wisata Air Terjun Jumog. Tak hanya biro perjalanan yang membatalkan kunjungannya, namun juga pengunjung dengan kendaraan pribadi. Kondisi ini membuat kawasan wisata air Terjun Jumog sepi pengunjung.,"ungkapnya. 

"Bisa dihitung bus rombongan wisatawan yang terparkir di sini. Padahal itu hanya isu penutupan. Nyatanya di sini aman dan buka,"imbuhnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut