Logo Network
Network

NasDem Resmi Usung Anies Baswedan, PKS Demokrat Saling Berebut Jadi Tandem Mantan Rektor Paramadina

Rico Afrido Simanjuntak
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 08:30 WIB
NasDem Resmi Usung Anies Baswedan, PKS Demokrat Saling Berebut Jadi Tandem Mantan Rektor Paramadina
Demokrat PKS saling berebut dampingi Anies di Pilpres (Foto:Sindonews)

Hal senada juga dikatakan oleh Deputi Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. “Anies-AHY bisa menjadi dwitunggal yang saling melengkapi dan menggenapkan satu sama lainnya. Mereka berdua adalah figur yang paling pas merepresentasi aspirasi sebagian besar rakyat untuk perbaikan dan perubahan ke arah Indonesia yang lebih maju, demokratis, adil, dan sejahtera,” kata Kamhar Lakumani. 

Dia menilai keputusan Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres 2024 sejalan dengan aspirasi segenap kader Partai Demokrat dan sebagian besar masyarakat yang tercermin pada hasil survei berbagai lembaga survei yang menempatkan pasangan Anies-AHY paling diinginkan publik dengan elektabilitas tertinggi. 

“Keduanya juga dikenal cerdas, memiliki kompetensi, dan kualitas kepemimpinan yang memadai serta chemistry yang pas,” pungkasnya. 

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu berharap keputusan Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024 mendatangkan kebaikan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dia menambahkan, PKS memandang bahwa figur Anies Baswedan adalah salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, berjiwa nasionalis religius, memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa, dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa mendatang. 

Dia melanjutkan, setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan. “Keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS akan ditentukan dalam mekanisme Musyawarah Majelis Syuro,” ungkapnya. 

Dia mengatakan, PKS bersyukur bahwa komunikasi politik antara PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat berlangsung sangat baik, terbuka, setara, dan mengedepankan rasa saling percaya untuk bersama-sama memilih calon pemimpin bangsa yang terbaik bagi rakyat Indonesia. 

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengungkapkan bahwa Majelis Syura PKS sudah memutuskan untuk mendukung bakal capres 2024 yang memenuhi kriteria nasionalis religius, bisa menghadirkan perubahan, rekam jejak yang berprestasi serta positif untuk bangsa dan negara. 

“Dan sosok seperti Pak Anies memenuhi kriteria tersebut. Sekalipun PKS belum mengumumkan secara resmi nama bakal capres yang akan diusungnya,” kata Hidayat Nur Wahid (HNW) seperti dilansir iNewskaranganyar.id dari SINDOnews. 

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini