get app
inews
Aa Read Next : KPU Karanganyar Pastikan Patuhi Putusan MK, 5 Parpol Bisa Usung Calon Mandiri

Tersisa 22 Hari Jelang Pendaftaran Pilkada, Koalisi Kebersamaan Masih Bruwet

Rabu, 07 Agustus 2024 | 19:26 WIB
header img
Tersisa 22 Hari Jelang Pendaftaran Pilkada, Koalisi Kebersamaan Masih Bulet (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id - Tiga parpol yang tergabung dalam koalisi Kebersamaan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum memutuskan siapa yang bakal mereka usung dalam Pilkada Karanganyar 2024. 

Hanya satu partai yang tergabung dalam koalisi kebersamaan, sudah jelas siapa yang akan mereka usung dalam Pilkada, yakni Partai Gerindra.

Sekertaris sekaligus Juru Bicara Koalisi kebersamaan Darwanto usai pertemuan tertutup di ruang kerja Darwanto di DPRD Karanganyar membenarkan bila partai Gerindra telah memberikan rekomendasi pada Adhe Eliana yang kebetulan Ketua DPC Partai Gerindra untuk maju dalam Pilkada sebagai Calon Wakil Bupati Karanganyar. 

"Tadi, mas Adhe selalu Ketua DPC Partai Gerindra telah menyampaikan dinamika yang terjadi di Partai Gerindra. Kami tadi mendengarkan apa yang disampaikan mas Adhe, tentang informasi yang dimuat media (rekomendasi). Dan mas Adhe juga telah membenarkanys, " papar Darwanto pada iNewskaranganyar. id,  Rabu (7/8/2024). 

Ia mengatakan karena satu anggota Koalisi tidak ikut dalam rapat klarifikasi terhadap Ketua Gerindra, yaitu Ketua DPC PKB Sulaiman Rosid, maka belum ada kesimpulan yang diputuskan. 

"Selanjutnya karena mas Rosid (Sulaiman Rosid Ketua PKB) tidak ada nanti akan kami bahasbahas apa yang disampaikan mas Adhe di Koalisi, selanjutnya seperti apa ya nanti diputuskan, " ujar Darwanto. 

Namun Darwanto menegaskan meskipun Partai Gerindra telah mengeluarkan Rekomendasi sendiri pada kadernya, partai besutan Prabowo Subianto itu masih berada di Koalisi kebersamaan. 

"Masih, Koalisi masih solid sampai saat iniini, " tegasnya. 

Saat ditanya apakah nantinya Koalisi kebersamaan akan mengikuti partai Gerindra yang telah merujuk bakal berkoalisi dengan PDIP sesuai isi dari Rekomendasi itu, Darwanto mengatakan sejak awal parpol yang tergabung dalam Koalisi kebersamaan itu sudah sepakat sebelum keputusan diambil harus melalui rapat terlebih dahulu. 

"Dari awal itu anggota Koalisi sejak awal telah sepakat, semua keputusan harus melalui rapat. Bila ada keputusan yang diputuskan sebelum ada rapat koalisi, itu bukan sikap dari Koalisi, " terangnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut