NasDem Resmi Usung Anies Baswedan, PKS Demokrat Saling Berebut Jadi Tandem Mantan Rektor Paramadina

Rico Afrido Simanjuntak
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 08:30 WIB
Demokrat PKS saling berebut dampingi Anies di Pilpres (Foto:Sindonews)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Anies Baswedan telah dideklarasikan sebagai bakal calon presiden (capres) yang akan diusung Partai Nasdem di Pilpres 2024. Namun, untuk Calon Wakil Presiden siapa yang bakal pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024 masih menjadi teka-teki.

Sejauh ini, Nasdem intens berkomunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Kedua partai politik (parpol) yang kini berada di luar Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin itu pun telah menyiapkan nama untuk menjadi tandem Anies Baswedan. Siapa saja? 

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Andi Nurpati mengungkapkan bahwa partainya belum mengambil sikap apakah akan berkoalisi dengan Nasdem yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Demokrat, kata dia, menghormati dan memahami mekanisme internal Nasdem yang telah memutuskan Anies sebagai bakal capres 2024.

“Partai Demokrat sejauh ini memang intens melakukan pertemuan, komunikasi politik dan lain-lain dengan ketum dan DPP Nasdem dan masih terus intens berkoordinasi dan komunikasi. Prinsipnya menyambut baik atas keputusan Nasdem tersebut,” kata Andi Nurpati seperti dikutip iNewskaranganyar.id kepada SINDOnews, Selasa (4/10/2022). 

Andi Nurpati menilai AHY merupakan figur yang memenuhi kriteria cawapres yang dimaksud Anies Baswedan. “Jiwa militer juga pada diri AHY tentu sangat melekat yang sangat cinta NKRI. Sebagai ketum partai yang juga anak mantan presiden 2 periode, tentu punya pengalaman melakukan manajemen organisasi partai, dan belajar secara otodidak juga kepada Pak SBY baik di militer maupun menko dan Presiden ke 6 RI,” tuturnya. 

Dia melihat sosok muda milenial juga terpatri dalam diri AHY. “Visi misi Anies dapat berkolaborasi dengan AHY. Namun kembali lagi kewenangan penentuan cawapres ada pada Anies,” kata mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini.

Dia menjelaskan sesuai AD/ART Partai Demokrat, penentuan capres dan cawapres partainya berada dalam kewenangan Majelis Tinggi Partai yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

“Sosok Anies menurut saya dapat dipandang sebagai sosok yang juga mendekati figur yang diinginkan oleh Partai Demokrat, yaitu yang mampu jadi pemimpin bangsa yang bertekad melakukan perubahan dan perbaikan. Hasil survei beberapa lembaga survei juga menunjukkan pasangan Anies-AHY jika terwujud sangat tinggi dan sangat berpeluang memenangkan Pilpres 2024,” pungkasnya.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini