get app
inews
Aa Read Next : Semangat Kapolres Karanganyar pada Lomba Lari Internasional Kemala Run 2024

Tarik Retribusi Masuk Jalan Margolawu, PT Rumpun Kemuning Disomasi

Kamis, 13 Juni 2024 | 17:41 WIB
header img
Tarik Retribusi Masuk Jalan Margolawu, PT Rumpun Kemuning Disomasi (Foto: Dok/iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) melayangkan somasi ke PT Rumpun Kemuning selaku pengelola lahan kebun teh di kawasan tersebut. 

Somasi itu dilayangkan menyusul dugaan adanya penarikan uang masuk Jl Margolawu Kemuning, Ngargoyoso bagi penggunaan kendaraan bermotor diduga ilegal.

Arif Sahudi, Advokat dari LP3HI mengatakan somasi ini terpaksa dilayangkan pihaknya setelah melakukan  investigasi langsung menyusul adanya laporan dari masyarakat pada pihak LP3HI. 

Dalam laporan itu, masyarakat mengeluhkan adanya penarikan uang dipintu masuk. Setelah ditelusuri selama dua hari, tim LP3HI tak mendapati adanya obyek wisata, selain jalan menuju ketempat Paralayang.


Tarik Retribusi Masuk Jalan Margolawu, PT Rumpun Kemuning Disomasi (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

 

"Selama dua hari kami dari LP3HI melakukan investigasi untuk mendapatkan bukti apakah benar yang dilaporkan masyarakat pada kami. Dan ternyata laporan itu benar. Tak ada obyek wisata apapun dijalan masuk yang ditarik retribusi masuk. Selain menuju ke tempat Paralayang. Dan ternyata jalan yang ditarik itu jalan penghubung Kemuning Sky Hill dan landasan take off paralayang," terang Arif Sahudi dalam konfrensi pers, Kamis (13/6/2024). 

Ia mengatakan jalan cor beton sepanjang 3 kilometer itu dulunya jalur offroad yang dilintasi jeep. Jalur itu juga akses penghubung antardusun. Dan kini, ungkap Arif, warga sekitar juga ditarik pungutan tersebut. 

Untuk bisa melintas dijalan ini, akan ditarik tiket masuk Rp20 ribu untuk mobil, dan Rp10 ribu untuk sepeda motor dan Rp25 ribu untuk minibus.

Ia meyakini pungutan yang dilakukan selama ini ilegal. PT Rumpun Kemuning juga diminta membebaskan pungutan itu. 

Pasalnya, dalam UU jalan, hanya jalan tol saja yang ditarik biaya masuk. Selain jalan tol, semua jalan, ungkap Arif, tak ditarik biaya sama sekali, alias gratis. 

"Itu bukan jalan tol. Dan dalam UU jalan, hanya ruas jalan Tol saja yang ditarik biaya agar bisa melintas. Dan tiket masuk di jalan tol itu resmi karena diatur dalam UU jalan, " Ujarnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut