get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Kisah di Balik Misteri Asal Muasal Berdirinya Candi Sukuh di Lereng Gunung Lawu

Rabu, 04 Oktober 2023 | 17:06 WIB
header img
Kisah di Balik Misteri Asal Muasal Berdirinya Candi Sukuh di Lereng Gunung Lawu (foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Candi Sukuh salah satu peninggalan sejarah masa lampau bangsa Indonesia. Candi Sukuh berlokasi di lereng kaki Gunung Lawu atau 20 kilometer dari pusat Kota Karanganyar. Sedangkan dari Kota Solo sejauh 36 kilometer.

Candi Sukuh, berada di ketinggian 1.186 meter. Sehingga hawa sejuk akan didapat saat mengunjungi candi ini. Candi ini masuk kedalam wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dan masuk kedalam komplek candi umat Hindu.

Tak ada yang tahu persis kapan Candi Sukuh ini dibangun. Namun, candi yang disebut-sebut usiannya jauh lebih tua dibandingkan milik suku Maya ini pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti asal Belanda bernama Johnson pada tahun 1815.

Seperti dikutip dari lama Kementerian Pariwisata, saat itu Johnson tengah melakukan penelitian untuk mengumpulkan data-data guna menulis buku the History Of Java yang dilakukan oleh Thomas Stamford Raffles. 

Setelah masa pemerintahan Britania Raya berlalu, Van Der vlies yang merupakan arkeolog Belanda melakukan penelitian pemugaran pertama yang dimulai pada tahun 1928. Fakta tersebut menunjukkan bahwa Candi Sukuh telah ada sejak lama dan sampai kini masih terawat.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut