get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Perjuangan Panjang Berliku Penganut Kepercayaan Demi Sebuah Pengakuan

Jum'at, 23 Juni 2023 | 18:39 WIB
header img
Perjuangan Panjang Berliku Penganut Kepercayaan Demi Sebuah Pengakuan (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi membuka Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Penganut Kepercayaan Ketuhanan yang Maha Esa yang digelar di Gedung DPRD Karanganyar. Kedatangan Calon Presiden yang diusung dari PDIP ini disambut tarian-tarian tradisional. 

Kehadiran Ganjar dimanfaatkan para perserta Munas untuk meminta foto bersama. Terlihat, Ganjar dengan sabar meladeni mereka yang ingin berfoto dengannya.

Dalam sambutannya, Ganjar menegaskan pentingnya nilai-nilai di masyarakat adat. Karena bagaimanapun, ungkap Ganjar, masyarakat adat menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia. Ganjar menyontohkan kedisiplinan yang terbentuk sejak usia dini merupakan hasil dari budaya adi luhung. 

“Harapan saya di Munas HPK IX agar kebudayaan dikembangkan. Ke depan membuka festival kebaikan,”ungkap Ganjar saat membuka Munas HPK IX di gedung DPRD Karanganyar, Jumat (23/6/2023).

Ganjar Pranowo pun bercerita saat masa kecilnya. Saat itu sudah biasa murid sekolah kena hukuman dari gurunya karena melakukan kesalahan. Namun karena penghormatan dan sikap hormat pada guru, tidak ada upaya membalas. 

"Kini budaya hormat pada guru itu mulai hilang. Dan yang hilang itu mestinya dilestarikan. Itulah peradaban. Saya berharap melalui Munas ini upaya pelestarian budaya terus dilakukan," katanya. 

Sementara itu dalam Munas HPK IX yang dihadiri 200 perwakilan adat se Indonesia, gabungan aliran penghayat mengusung beberapa masalah yang akan ikut dibahas. 

Diantaranya kesetaraan haknya tanpa diskriminasi. Banyak hal masih dirasa bentuk diskriminasi, seperti sulitnya mengakses dokumen kependudukan, perizinan, hak perkawinan, keperdataan dan kepidanaan. Serta keinginan bisa memiliki rumah ibadah sendiri. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut