get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT ke 78 TNI, Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Gelar Pagelaran Wayang dengan Pasar Malam

Enam Perbedaan Kostrad dan Kopassus, Nomer 4 Mampu Menusuk ke Jantung Pertahanan Tanpa Terdeteksi

Minggu, 12 Juni 2022 | 10:04 WIB
header img
enam perbedaan dari dua satuan tempur elit TNI AD (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Komando Cadangan Strategis (Kostrad) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus), dua satuan elit di TNI AD. Kedua satuan ini merupakan satuan paling disegani di TNI AD.

Kedua satuan ini kerap diterjunkan untuk tugas-tuga sulit. Kedua satuan ini memang diandalkan. 

Berbagai tugas sering dilakukan kedua satuan elit TNI AD ini. Mulai dari operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, dan berbagai operasi militer lainnya.

Meski berasal dari TNI AD, dan sama-sama dari kesatuan tempur, namun kedua pasukan elit ini memiliki perbedaan. 

Kostrad merupakan satuan tempur dasar, sedangkan Kopassus pasukan yang dipersiapkan atau dilatih khusus untuk tugas-tugas spesifik. 

Berikut enam perbedaan Kostrad dan Kopassus:

1. Warna Baret 

Baret yang digunakan pasukan Kostrad berwarna hijau sedangkan baret yang digunakan Kopassus berwarna merah sehingga sering disebut pasukan baret merah. 

2. Warna Seragam 

Seragam Kostrad dan Kopassus berbeda pada lorengnya. Kostrad berseragam loreng hijau tua dan cokelat tua, sedangkan Kopassus paduan warna merah darah kecokelatan.

3. Pimpinan

Sama-sama di bawah komando Panglima TNI, Kostrad dipimpin jenderal bintang tiga (letnan jenderal). Sedangkan Kopassus dipimpin jenderal bintang dua (mayor jenderal). 

4. Kemampuan Khusus 

Kostrad sejak 2001 memiliki satuan khusus bernama Satuan Peleton Intai Tempur yang disingkat Tontaipur. 

Satuan ini memiliki keahlian khas melakukan infiltrasi ke jantung musuh secara senyap untuk melakukan sabotase, dibekali senjata berupa senapan serbu, pistol, sangkur, dan sniper. 

Sementara Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan antiteror. 

5. Operasi Militer 

Perang (OMP) Dalam OMP, fungsi Kopassus di antaranya melakukan serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Antiteror, dan Operasi Inteligen Khusus. 

Sementara, pasukan Kostrad dalam OMP berfungsi menyelenggarakan operasi gabungan pertahanan udara serta pertahanan pantai, operasi darat berupa operasi serangan, dan sebagainya. Kostrad juga melakukan operasi bantuan untuk pertahanan dan intelijen. 

6. Operasi Militer Selain Perang (OMSP) 

Dalam OMSP, Kopassus berfungsi melakukan bantuan kemanusiaan, AIRSO (yaitu operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP. Sementara Kostrad berfungsi melakukan pengamanan objek vital, pengamanan wilayah perbatasan, operasi penanggulangan bencana hingga menghadapi kelompok separatis dan teroris.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut