get app
inews
Aa Read Next : Ricuh! Suporter Tiba-tiba Masuk ke Lapangan, Pertandingan PSS Sleman vs Persija Berakhir

Deretan Pemain Sepak Bola Top Indonesia Ini Ternyata Seorang Prajurit TNI

Sabtu, 16 April 2022 | 23:30 WIB
header img
Deretan prajurit TNI yang juga pemain sepak bola top tanah air(Foto: Tangkapan Layar Instagram @Abduh Lestaluhu)

KARANGANYAR iNews.id - Tak banyak yang tahu bila empat pemain top tanah air ini ternyata juga seorang prajurit TNI.

Keempat pemain bola nasional ini juga seorang prajurit TNI ini berasal dari berbagai kesatuan di TNI. Bahkan ada yang bertugas sebagai prajurit TNI di Polisi Militer. Hebatnya, keempatnya initergabung dibeberapa klub yang berlaga di Liga 1.

Tak hanya tergabung di klub yang berlaga di Kompetisi elit sepak bola tanah air, mereka pun di percaya menjadi bagian skuad timnas Indonesia.

Lantas siapa saja pemain tersebut? Berikut 4 pemain bola top Indonesia yang juga seorang prajurit TNI seperti dilansir dari Okezone:

4. Andy Setyo

Pemain kelahiran Pati, Jawa Tengah, 16 September 24 tahun silam ini juga merupakan seorang militer. Andy Setyo diketahui tergabung ke dalam TNI Angkatan Darat berpangkat sersan dua.

Sementara itu, di dunia sepak bola, Andy kini bermain untuk Persikabo 1973. Bukan hanya membela negara di medan perang, Andy juga sempat dipercaya mengisi skuad Timnas Indonesia U-19 dan U-23.

3. Ganjar Mukti Muhardiyana

Selanjutnya ada Ganjar Mukti Muhardiyana. Pemain 27 tahun yang saat ini bermain untuk Persis Solo, setelah kembali dari masa pinjamannya di PSM Makassar.

Selain piawai menjaga daerah pertahanan tim dari serangan lawan, Ganjar Mukti juga sigap menjaga pertahanan wilayah Indonesia. Sebab, Ganjar juga merupakan seorang anggota TNI AD dan telah diangkat jadi salah satu prajurit Kostrad.

2. Manahati Lestusen

Kemudian ada Manahati Lestusen, pemain berposisi gelandang bertahan yang kini bermain untuk Persikabo 1973. Sebelum berkarier di Persikabo 1973, Manhati Lestusen merupakan salah satu produk dari program SAD Indonesia yang berlaga di Uruguay.

Ia sempat pindah ke klub Uruguay, Penarol. Setelah melanglang buana di luar, ia kembali ke Indonesia dan berkarier di sepak bola Indonesia.

Selain berprofesi sebagai pesepak bola, Manahati Lestusen juga merupakan seorang prajurit TNI. Ia diketahui, berpangkat Sersan Dua.

1. Abduh Lestaluhu

Di urutan pertama ada nama Abduh Lestaluhu. Pria berdarah Maluku ini sudah menjajaki sejumlah klub di Indonesia. Mulai dari Persis Solo, Persija Jakarta, Persikabo 1973, dan juga Bali United.

Namanya mulai dikenal pada 2016. Ia menjadi andalan pelatih Timnas Indonesia kala itu, Alfred Riedl.

Abduh Lestaluhu juga seorang anggota TNI berpangkat Sersan Dua. Bukan hanya itu, beberapa kali ia pernah bertugas sebagai Polisi Militer.

Memiliki mental seorang prajurit TNI, ia dikenal berani mati demi negara. Ya, aksi gila Abduh Lestaluhu yang paling dikenal adalah ketika menghempaskan bola ke bench Timnas Thailand pada final Piala AFF 2016.

Ketika itu Abduh Lestaluhu cukup tersulut emosi. Ia sedang berusaha mengembalikan kemenangan Timans Indonesia setelah tertinggal dari Thailand di leg kedua final Piala AFF 2016.

Ia terpancing emosi setelah diprovokasi oleh pemain Thailand. Akan tetapi aksinya itu mendapat banyak respek dari masyrakat Indonesia. Sebab, ia berani meski posisinya sedang bertandang ke Thailand.

 

Berita ini sebelumnya telah tayang di Okezone dengan judul "4 Pemain Bola Top Indonesia yang Ternyata Juga Seorang Prajurit TNI, Nomor 1 Berani Mati"

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut