get app
inews
Aa
Read Next : Rekomendasi 5 Tempat Wisata Sejarah di Kota Solo: Cek Nomor 2 Tengah Direnovasi

Kandangmenjangan, dari Markas Untung Suropati Melawan Belanda Hingga Markas Kopassus, Ini Sejarahnya

Sabtu, 05 November 2022 | 00:21 WIB
header img
Gerbang Utama Markas Komando Pasukan Khusus (Foto: Okezone)

SUKOHARJO, iNewskaranganyar.id - Grup 2 Kopassus atau Para Komando adalah satuan setingkat Brigade, yang merupakan bagian dari Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat. Didirikan pada tahun 1962. Grup ini bermarkas di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dilansir dari beragam sumber, awal mula wilayah Kandang Menjangan markas Kopassus hingga saat ini erat kaitannya dengan sejarah masa Kemerdekaan.

Dimana Kandangmenjangan menjadi salah satu pusat pergerakan pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Lokasi yang menjadi Markas Kopassus Grup 2 di Kartasura ini berada di atas lahan seluas 250 hektare yang dulunya merupakan lahan yang diberikan Sunan Amangkurat III (1703-1705) dari Kerajaan Mataram (berpusat di Keraton Kartasura) kepada Bupati Pasuruan Untung Surapati.

Wilayah yang diberikan kepada Untung Surapati ini berada di sebelah barat Keraton Kartasura dan dikenal sebagai Kampung Babirong.

Kampung ini menjadi tempat bersembunyi dan berlatih perang bagi pengikut Untung Surapati yang berhasil menyerang pasukan VOC bersenjata lengkap di bawah Kapitan Francois Tack dan ratusan prajuritnya pada Februari 1686.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut