get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Singkat Lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Begini Cara Pasukan Elit TNI AD Batalyon 22 Kopassus Grup 2 Kandangmenjangan Rayakan HUT RI ke 77

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 19:49 WIB
header img
Begini Cara Pasukan Elit TNI AD Batalion 22 Kopassus Grup 2 Kandangmenjangan Rayakan HUT RI ke 77 (Foto: Ist)

SUKOHARJO,iNews.id - Pasukan elit TNI Angkatan Darat Kopassus punya cara sendiri dalam memeriahkan hari jadi Republik Indonesia ke 77. Seperti yang ditunjukan prajurit Batalyon 22 Grup II Kopassus Kandangmenjangan ini misalnya. Sebanyak 260 prajurit saling berlomba dalam Pekan juang 45 Manggala Yudha 45 menyambut HUT RI ke 77.

Uniknya, perlombaan yang mereka gelar ini, mengadopsi situasi di medan tempur. Dimana para prajurit ini diharuskan berlomba mulai dari renang, menolong prajurit yang tenggelam, panjat tali, menembak dalam posisi terluka hingga membawa rekan mereka yang terluka ke tempat pengobatan.

Semua itu harus dilakukan dalam posisi menggunakan seragam serta memanggul senjata. Setelah, sampai di titik yang telah ditentukan, mpara prajurit inipun masih harus berlari ketitik lainnya yang sudah ditentukan.

Kemeriahaan lomba begitu terasa. Dimana prajurit lainnya memberikan semangat pada rekan mereka yang ikut lomba untuk terus berjuang hingga mencapai kemenangan.

Komandan Batalyon 22 Manggala Yudha Grup 2 Kopassus Mayor inf Abraham S. Pandjaitan, M.S.S mengatakan, dalam lomba ini yang dinilai adalah kekompakan, ketepatan dan ketelitian.

Dimana, sesuai jiwa korsa, seorang prajurit tidak boleh meninggalkan apapun saat dimedan tempur. Termasuk Topi pun bila sampai terjatuh. Bila sampai terjatuh, maka poin yang diraih akan dikurangi.


Prajurit Batalyon 22 Kopassus Grup 2 Kandangmenjangan berkolaborasi dengan Prajurit Kostrad ikut memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan dengan cara sendiri (Foto: ist)

"Jiwa korsa tidak boleh ada yang ditinggalkan, itu yang dilombakan. Kreteria penilaian nanti, tentu saja waktu tercepat. Kemudian pelaksanaan ada materi yang
tidak boleh salah. Misalkan, sasaran ada lima balon yang ketembak tiga nanti dua balon akan mengurangi poin. Topi jatuh itupun bisa mengurangi nilai,"papar Mayor inf Abraham.

Menurut Mayor inf Abraham, pekan juang 45 Manggala Yudha, merupakan suatu acara yang bertujuan untuk generasi muda agar ingat besarnya bangsa ini, merupakan hasil dari darah, keringat para pejuang.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut