get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Sahur & Subuh Ramadhan Hari ke 3 Sukoharjo dan Sekitarnya Kamis 14 Maret 2024

Meriahkan HUT ke 78 TNI, Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Gelar Pagelaran Wayang dengan Pasar Malam

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 12:34 WIB
header img
Meriahkan HUT ke- 78 TNI, Grup 2 Kandang Menjangan Kolaborasikan Pagelaran Wayangan dengan Pasar Malam (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SUKOHARJO, iNewskaranganyar.id - Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartasura menggelar wayangan untuk memperingati HUT ke-78 TNI, Jumat (6/10/2023). Pagelaran wayang kulit oleh Ki Maryono Ibrahim Saputra, adik dari mendiang Ki H Manteb Soedharsono mengambil Lakon Bima Kridha.

Ketua panitia Mayor Inf Aryudha Sakti mengatakan, pertunjukan wayang kulit ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap budaya. Melalui tema perayaan HUT TNI ke- 78 "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju". 

Secara tegas sebagai pernyataan TNI tetap setia menjadi pengawal pertahanan negara dan bangsa, setia bersinergi dengan masyarakat untuk bersama-sama dalam rangka mendukung Indonesia maju.

Sebagai wujud komitmen TNI sebagai benteng utama NKRI dan sinergitas dengan rakyat, di hari jadinya ini TNI menghadirkan kesenian wayang terbuka untuk masyarakat luas. 

"Kesenian wayang merupakan aset bagi kita semua yang perlu dijaga dan dilestarikan, serta hakikatnya budaya adalah benteng pertahanan bangsa dan mencintai budaya adalah wujud patriotisme,"terang Aryudha Sakti. 

Sebagai bukti TNI berasal dari rakyat untuk rakyat, pementasan wayang kulit yang digelar di Lapangan Bhirawa Yudha Grup 2 Kopassus, Sukoharjo, Kartasura, Jawa Tengah ini mengambil konsep pasar rakyat.

Keceriaan begitu terasa saat pementasan wayang berkonsep pasar rakayt. Apalagi, beraneka ragam makanan hingga jajanan kecil seperti, kacang, pisang godok, hingga singkong disediakan. Belum lagi, beraneka ragam mainan anak juga digelar. Terbukannya Mako Kopassus saat itu disambut antusias masyarakat. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut