get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Diduga Langgar Netralitas, Mantan Camat Jaten Dilaporkan ke Bawaslu Karanganyar

Rabu, 13 Desember 2023 | 21:58 WIB
header img
Diduga Langgar Netralitas, Mantan Camat Jaten Dilaporkan ke Bawaslu Karanganyar (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Karanganyar secara resmi melaporkan mantan Camat Jaten Teguh Haryono ke Bawaslu.

Teguh Haryono dilaporkan ke Bawaslu Karanganyar karena diduga sudah tidak netral.

Teguh diduga terang-terangan memberi dukungan pada salah satu Paslon Capres dan Cawapres di grup WhatsApp kepala dusun (kadus) dan perangkat desa se-Kecamatan Jaten saat terlapor masih menjabat sebagai Camat Jaten.

Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ridwanita Priliastuti, membenarkan pihaknya telah menerima pelaporan dugaan ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan mendukung salah satu Paslon Capres dan Cawapres di Pilpres.

Ia mengatakan, pelaporan itu resmi diterima Bawaslu pada Senin 11 Desember 2023.

"Benar, kami telah menerima pelaporan dugaan ketidaknetralan ASN dengan mendukung salah satu Paslon Capres dan Cawapres,"papar Nuning saat ditemui iNewskaranganyar id, Rabu (13/12/2023).

Ia mengatakan pelaporan dugaan ketidaknetralan Teguh Haryono sebagai ASN, yang pertama kali terjadi dimasa kampanye itu dilayangkan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Karanganyar.

Dalam pelaporan itu, LPKSM ini pun menyertakan bukti narasi di WhatsApp yang diduga dituliskan Teguh Haryono di grup WhatsApp kepala dusun (kadus) dan perangkat desa se-Kecamatan Jaten saat terlapor masih menjabat sebagai Camat.

Di grup tersebut, Teguh mengirimkan foto dirinya dan sang istri bersama calon presiden (capres) Ganjar Pranowo. Teguh sendiri saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakan (Disarpus) Karanganyar.

Dalam foto itu tertera narasi bertuliskan “Tapi untuk Presiden 2024 saya tetap berada di barisan bapak Presiden Joko Widodo… Prabowo Gibran. Ini adalah pilihan hidup saya dan siap dengan resiko jabatan.”

Untuk menindaklanjuti pelaporan, Bawaslu, ungkap Nuning, telah memanggil pelapor untuk melengkapi pelaporan.

"Pelapor kami undang untuk melengkapi syarat formil dan non formil," ujar Nuning.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut