get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Profil Juliyatmono, Perjalanan Karir Hingga Menjadi Bupati Karanganyar

Sabtu, 25 November 2023 | 22:09 WIB
header img
Profil Bupati Karanganyar Juliyatmono (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Sosok Juliyatmono, mantan Bupati Karanganyar dua periode ini, 2013—2018 dan 2018—2023 ini benar-benar merintis karir politiknya dari nol.

Sebelum terjun kedunia politik, pria kelahiran Karanganyar tepatnya Desa Kaliboto, Kecamatan Tasikmadu, pada 29 Juli 1966, sempat mengajar sebagai guru di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Jiwa mengajar yang dimiliki Juli - panggilan akrabnya- sangat dijiwainya. Juli pun pada tahun 1997 hingga 1999 tercatat sebagai Pegawai Departemen Agama Kabupaten Karanganyar (1997—1999).


Mantan Bupati Juliyatmono (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

 

Eforia reformasi inipun membuat ayah dari Ilyas Akbar Almadani hasil pernikahannya dengan Siti Khomsiyah, tertarik ikut terjun kedunia politik. Sebelum bergabung ke Partai Golkar, awalnya Juliyatmono hendak bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Bahkan, lulusan S3 ilmu hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta sempat ikut mendeklarasikan berdirinya partai PAN di Karanganyar. 

Namun, pertemuannya dengan almarhum Suparno, Ketua Partai Golkar Karanganyar era sebelum Juliyatmono menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar ini merubah segalannya. Saat itu, Suparno melihat potensi seorang pemimpin ada pada Juliyatmono.

Akhirnya, Suparno yang era Tahun 1997 - 1999 juga menjabat sebagai Ketua DPRD Karanganyar ini pun menawarkan pada Juliyatmono untuk gabung ke Partai Golkar. Juli pun menerima tawaran bergabung ke Partai Golkar dan meninggalkan PAN.

Keputusannya untuk bergabung ke Partai Golkar, tentu saja berimbas terhadap status Juli sebagai pedawau di Departemen Agama Kabupaten Karanganyar. Juli pun memutuskan untuk mundur dan fokus membangun karir politiknya.

Semasa mudannya, Juliyatmono sangat aktif ikut berorganisasi. Selain pernah menjabat sebagai ketua Pemuda Muhammadiyah Karanganyar, Juliyatmono ini pun pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KNPI dan Wakil Ketua AMPI Kabupaten Karanganyar.

Karena aktif di organisasi kepemudaan, Juliyatmono pun mendapatkan tiket untuk menjadi anggota DPRD. Meski tergolong wajah baru, namun Juliyatmono dipercaya menjadi Sekretaris FKP DPRD Kabupaten Karanganyar (1997—1999).

Sejak itulah, karir politik Juliyatmono begitu cemerlang. Di tahun 1999, Juliyatmono menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Karanganyar hingga tahun 2004. Dan ditahun 2004 hingga 2009,posisi Ketua DPRD Karanganyar berhasil diraihnya.

Namun diera 2009 hingga 2013, Juliyatmono hanya menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar. Sebelum akhirnya di tahun 2013—2018 Juliyatmono menggantikan Rina Iriani sebagai Bupati Karanganyar.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut