get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Ombudsman RI Turun ke Karanganyar Dorong Peningkatan Kualitas Layanan Publik

Sabtu, 15 Juli 2023 | 22:20 WIB
header img
Ombudsman RI Turun ke Karanganyar Dorong Peningkatan Kualitas Layanan Publik (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Ombudsman RI turun gunung ke Kabupaten Karanganyar untuk menjaring keluhan dan aspirasi masyarakat terkait pelayanan publik yang seringkali dikeluhkan masyarakat. Langkah ini dilakukan Ombusmen agar masyarakat tidak menyampaikan keluhannya melalui Medos. Namun menyampaikan apa yang didapat pada Ombusman. 

"Memang menyampaikan keluhan di Medsos itu bisa mengena dan mendapatkan respon yang luar biasa. Tapi apakah itu efektif, jawabannya tidak. Memang, setelah itu viral, bisa membuat instansi itu buru-buru bertindak, karena malu. Terus pertanyaannya apakah itu bisa membuat puas.Tapi apakah itu solusi sebenarnya? Ternyata tidak. Medsos hanya mampu mendesak instansi terkait memperbaiki layanan secara parsial," jelas Anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng pada peserta Sosialisasi dan Diskusi Publik Peningkatan Akses Pelayanan Publik di Bale Pari Tasikmadu, (15/7/2023) petang.

Atas dasar itulah, Ombusman bersama anggota Komisi II DPR RI Paryono turun langsung ke lapangan. Diharapkan, dengan dialog dua arah secara langsung ini bisa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik. Tentu saja, poin utamannya bisa membantu memperbaiki pelayanan publik yang ada.

"Jika ada keluhan dari  masyarakat, langsung saja mengakses ke nomor whatsapp, surel, maupun datang langsung ke kantor cabang Ombudsman sesuai wilayah kerja," terangnya.

Ia mengatakan, bila diibaratkan, keluhan masyarakat yang diunggah ke Medsos itu diibaratkan pemadaman kebakaran. Api yang membara langsung padam. Lantas, setelah petugas pemadam kebakaran pergi meninggalkan lokasi, apakah bisa menjamin api itu tidak lagi timbul. 

"Disinilah Ombudsman berusaha mengurai akar permasalahan dan menyarankan perbaikan sistem layanan publik supaya ketidakpuasan masyarakat tak berulang. 
Dalam melapor ke Ombudsman, masyarakat dipersilakan mengakses ke nomor whatsapp, surel, maupun datang langsung ke kantor cabang Ombudsman sesuai wilayah kerja,"paparnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut