get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Pesan Said Aqil untuk HPK Saat Munas IX di Karanganyar

Senin, 26 Juni 2023 | 19:57 WIB
header img
Sejumlah tokoh nasional menghadiri penutupan Munas IX Himpunan Penghayat Ketuhanan yang digelar di Gedung DPRD Karanganyar selama 2 hari (Foto: Ist)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Musyawarah Nasional (Munas) ke IX Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) selama dua hari, sejak 23 Juni hingga 24 Juni 2023 di gedung DPRD Karanganyar resmi ditutup. Sejumlah rekomendasi ini pun juga telah dihasilkan dalam Munas.

Dalam Munas, Hadi Prajoko kembali dipercaya sebagai Ketua Umum HPK. Sedangkan Sekjen HPK dipercaya pada Iwan Tatang Cahyono. Romo Panji Suryaningrat ke II didaulat sebagai sesepuh HPK. Untuk Anggota Yudi Ari, Yayuk Hermiati, Mbah Gino Martowiyono. Romo Anom Gumirat Barna Alam dari Sunda Wiwitan. Untuk ketua Harian DPP HPK dipercayakan pada Tony Hatmoko. Waketum Ratu Dewi Kanti Setyaningsing.

Tony menyebut hasil Munas ke IX yang berlangsung di Karanganyar selama dua hari ini, selanjutnya akan dibawa ke tingkat Rakernas HPK. Nantinya keputusan Rakernas itu bisa menjadi langkah lanjutan untuk membuat program kerja HPK yang mewadahi 1638 organisasi penghayat dan masyarakat adat.  

"Munas ini memperteguh dan mempertahankan eksistensi budaya luhur agar tradisi ritus yang sudah menjadi bagian turun temurun dari leluhur nusantara sebagai bagian dan nilai dan ajaran kebaikan di bumi nusantara,"jelas Tony pada iNewskaranganyar, Senin (26/6/2023).

Ia menambahkan dalam Munas HPK, sejumlah tokoh nasional juga hadir. Diantaranya, Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mewakili Panglima TNI Jendral Yudho Margono. Kemudian  tokoh pembina keagamaan di Indonesia KH Said Aqil Siradj.

Hadir juga perwakilan dari Badan Penanggulangan Teroris ( BNPT) Brigjen Ahmad Nurwahid. Kemudian, sejarahwan, teolog, dan peneliti sejarah Bambang Nurseno. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut