get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Pesan Ketua Golkar Ilyas Akbar di Ultah Perkumpulan Dalang Wayang Kulit:Jangan Lupakan Wayang

Rabu, 31 Mei 2023 | 20:03 WIB
header img
Pesan Ketua Golkar Ilyas Akbar Saat Ultah Perkumpulan Dalang Wayang Kulit se Karanganyar:Jangan Meninggalkan Wayang (foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Dua tahun sudah Darmakarya wadah perkumpulan dalang muda se Kabupaten Karanganyar ini berdiri. Dua tahun lalu, wadah dimana para Dalang ini berkumpul resmi didirikan oleh legenda maestro dalang almarhum Ki Manteb Sudarsono

Untuk memperingati berdirinya Darmakarya yang didirikan 30 Mei 2021 silam, pagelaran pentas wayang wayang kulit para dalang muda ini pun kembali digelar dilokasi dimana pertama kali Darmakarya ini dilahirnyan, yakni di Bale Ndeso, Ngargoyoso, Karanganyar.

Hadir dalam peringatan hari jadinya Darmakarya ke 2, Penasehat Paguyuban Dalang Muda Karanganyar Jaya (Darmakarya) Ilyas Akbar Almadani.

Pada momentum ulang tahun Darmakarya, Ilyas Akbar Almadani yang kebetulan Ketua Partai Golkar Karanganyar mengatakan Darmakarya ini
merupakan wadah perjuangan para Dalang Muda yang memang sengaja didirikan oleh sang Maestro wayang kulit, almarhum Ki Manteb Sudarsono untuk melestarikan budaya wayang kulit.

"Wadah ini sebagai wadah perjuangan para dalang muda dalam rangka untuk melestarikan budaya pagelaran wayang kulit,"papar Ilyas pada iNewskaranganyar.id, Rabu (30/5/2023).

Ilyas mengaku sangat bangga tinggal di Kabupaten Karanganyar. Pasalnya, di Kabupaten yang terletak di kaki Gunung Lawu ini banyak sekali lahir para Dalang handal yang tak hanya di kenal di Karanganyar, tapi juga dunia. Ilyas mengambil contoh Ki Manteb Sudarsono.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut