get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Respon Bupati Juliyatmono Soal Bawahannya di Disdikbud Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan TIK

Selasa, 23 Mei 2023 | 19:03 WIB
header img
Respon Bupati Juliyatmono Soal Staf Disdikbud Karanganyar Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan TIK (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Bupati Karanganyar Juliyatmono angkat bicara menyusul penetapan status tersangka staf Danas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berinisial G dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Teknologi Informasi Komputer (TIK) tahun anggaran 2021.

Menurut Bupati, pihaknya sangat pun menghormati proses hukum yang saat ini tengah berjalan. Dan dirinya tidak akan mencampuri urusan apapun. 

Ia mengatakan, kasus yang melibatkan G telah diproses secara hukum. Penetapan G sebagai tersangka, ungkap Juliyatmono -biasa dipanggil-, tentunya setelah beberapa kali dilakukan penyelidikan dan penyidikan hingga ditemukan alat bukti. Sehingga tidak bisa mengelak atas temuan itu.

"Kita inikan negara hukum. Dan kami sangat menghormati proses hukum yang sedang berjalan,"papar Juliyatmono pada iNewskaranganyar.id, usai Rapat Paripurna di DPRD Karanganyar, Selasa (23/5/2023).

Meski begitu, Juliyatmono sangat menyesalkan kasus itu hingga menjerat G, salah satu pegawai di Disdikbud.  Apalagi, G bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) dalam pengadaan barang dan jasa tersebut.

Dan yang membuatnya mengelus dada, G merupakan salah satu ASN yang memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa. Pasalnya, di Kabupaten Karanganyar, sumber data manusia (SDM) dengan memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa ini masih terbatas.

"G ini kan punya SDM yang memadai. Jadi sangat disayangkan sekali. Mudah-mudahan ini yang terakhir, tidak ada kasus seperti itu lagi di Karanganyar,"ungkapnya.

Agar kasus serupa tak terulang lagi dikemudian hari, Juliyatmono akan melakukan evaluasi dan pembinaan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Harapannya jangan sampai kasus yang sama terulang kembali. Dan Bupati sangat menyayangkan G ceroboh hingga terjerat kasus hukum. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut