get app
inews
Aa Read Next : Bandara Adi Soemarmo Layani 1.2 Juta Penumpang Sepanjang 2023

Deretan Konglomerat Tajir Melintir Pemilik Maskapai Terkenal di Indonesia, Siapa Saja?

Jum'at, 19 Mei 2023 | 07:06 WIB
header img
Deretan konglomerat pemilik maskapai penerbangan di Indonesia (Foto: Okezone)

2. Chandra Lie

Sriwijaya air menjadi salah satu maskapai besar yang ada di Indonesia. PT Sriwijaya Air sendiri perusahaan keluarga yang didirikan oleh Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim pada 10 November 2003.

Sriwijaya Air memulai bisnis dengan satu armada Boeing 737-200. Terus melebarkan sayap, Chandra Lie juga memperkenalkan NAM Air kepada publik pada 26 September 2013.

Maskapai ini adalah bagian dari Sriwijaya Air Group yang melayani penerbangan untuk wilayah terbang yang lebih kecil sebagai pengumpan (feeder).

3. Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia ini adalah pemilik dari Susi Air. Sebelum diangkat menjadi, Susi Pudjiastuti merupakan pengusaha di bidang penerbangan lewat PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Didirikan pada 2004, Susi Air mulai beroperasi dengan 2 pesawat pada bulan Desember 2004 di Medan sebagai tanggapan atas gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut.

Sejak kala itu, pada 2006 Susi Air mulai mengembangkan rute terjadwal yang berbasis di Medan, Banda Aceh, Padang, Dabo, Bengkulu, Jakarta, Pangandaran, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Malinau, Kupang, Masamba, Manokwari, Biak, Nabire, Timika, Jayapura, Wamena, dan Merauke.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut