get app
inews
Aa
Read Next : 10 Tempat Wisata di Dunia Tak Boleh Difoto, Nekat Selfi Penjara Menanti, Apa Saja?

Inilah Deretan Konglomerat Muslim Terkaya se Dunia, Siapa Saja?

Senin, 04 Juli 2022 | 17:40 WIB
header img
Konglomerat muslim terkaya di dunia (Foto: ilustrasi/Pixebay/iNewskaranganyar.id)

JAKARTA, iNews.id - Jumlah umat muslim yang bertengger dalam deretan orang-orang terkaya sedunia masih sangat sedikit. Bisa dikatakan jumlahnya masih minoritas. Sebab, posisi sebagai orang terkaya sedunia masih didominasi oleh negara barat.

Namun empat nama konglomerat muslim terkaya sedunia ini membuktikan umat muslim juga bisa menjadi yang terbaik di dunia. Tak hanya kaya, para konglomerat ini pun juga memiliki jiwa sosial sangat tingga.

Mereka tak segan-segan mengeluarkan harta yang mereka miliki untuk membantu orang lain yang membutuhkan.


Inilah Deretan Konglomerat Muslim Terkaya se Dunia, Siapa Saja? (Foto: idxchannel)

Nah, berikut adalah empat konglomerat muslim terkaya di dunia yang berjiwa filantropis tinggi: Konglomerat Muslim Terkaya

1. Azim Premji (USD15,9 Miliar)

Azim Premji adalah seorang pebisnis yang berasal dari India yang memiliki kekayaan bersih mencapai USD15,9 Miliar. Beliau adalah ketua dari perusahaan di bidang teknologi bernama Wipro Limited. Ia bahkan dijuluki sebagai Kaisar Industri TI India.

Wipro dulunya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi minyak terhidrogenasi. Sepeninggalan ayahnya, Premji mengambil alih perusahaan tersebut dan mengubahnya menjadi perusahaan teknologi informasi.

Ia telah memberikan lebih dari 25% kekayaannya untuk amal pada tahun 2013 lalu. 

2. Sultanah Nur Zahirah (USD15 Miliar)

Sultanah Malaysia bernama Nur Zahirah adalah seorang permaisuri ke-13 pada tahun 2006 hingga 2011. Ia memiliki empat orang anak bersama suaminya, Sultan Mizan Zainal Abidin.

Ia pernah berkontribusi terhadap masyarakat dalam proyek kesejahteraan, rumah sakit, dan pelindung pra-sekolah pertama di Terengganu. Sultanah Nur Zahirah juga kerap terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan amal, seperti saat terjadi gempa bumi Samudra Hindia pada tahun 2004. 

3. Iskander Makhmudov (USD6,5 Miliar)

Iskander Makhmudov adalah seorang konglomerat asal Rusia yang merupakan keturunan dari etnis Uzbek. Ia diketahui memiliki berbagai kepemilikan baik di bidang transportasi, perusahaan pertambangan pedesaan, dan bahkan Wendy’s yang berada di Rusia.

Dulunya, Makhmudov bekerja sebagai seorang penerjemah bahasa Arab-Persia di Libya pada akhir tahun 1980-an. Setelah berhasil menjadi konglomerat, Ia menyumbangkan lebih dari USD1 Miliar untuk berbagai kegiatan sosial, termasuk untuk membantu anak yatim piatu, veteran perang, tunawisma, dan klinik.

4. Sulaiman Al Rajhi (USD2,1 Miliar)

Sulaiman Al Rajhi dikenal sebagai pimpinan dari bank Al-Rajhi yang merupakan bank Islam terbesar di Arab Saudi. Ia bahkan sempat menduduki peringkat ke-120 dalam deretan orang terkaya di dunia pada tahun 2012. 

Ia memulai bisnis bersama dengan saudaranya yang menukar uang bagi para turis dengan karavan unta. Al-Rajhi dikenal sebagai konglomerat yang bukan berasal dari keluarga bangsawan.

Itulah beberapa konglomerat muslim terkaya yang memiliki kekayaan melimpah namun memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut