get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

PKS Karanganyar Cari Pengganti Rohadi Widodo: Belum Ada Figur Pengganti Beliau

Jum'at, 03 Februari 2023 | 18:22 WIB
header img
PKS Karanganyar Kesulitan mencari figur pengganti Rohadi Widodo (Foto: Instagram)

Harmonisasi Pecah


Pasangan Juliyatmono dan Almarhum Rohadi Widodo saat masih menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Foto: Kominfo Karanganyar)

 

Pada pilkada 2018, duet Juliyatmono dan Rohadi Widodo berakhir. Calon Bupati Incumben Juliyatmono saat pilkada, memilih berpasangan dengan Rober Christanto. Bahkan saat itu, mayoritas parpol yang memiliki kursi di DPRD condong mendukung pasangan Juliyatmono - Rober Christanto. 

Nyaris saja, Rohadi Widodo tak bisa maju dalam pencalonan tersebut. Karena persyaratan untuk maju dalam Pilkada harus mendapatkan dukungan dari parpol pemilik kursi di DPRD minimal 9 kursi. 

Kala itu, Juliyatmono dan Rober Christanto resmi mendaftar ke KPU dengan diusung 8 parpol pemilik kursi di DPRD. Ke sembilan Parpol itu adalah Partai Golkar, PDIP, Partai Demokrat, PKB, PAN, PPP, Partai Hanura dan Partai Gerindra.

Keajaiban terjadi, beberapa jam sebelum perpanjangan pendaftaran ditutup, Partai Gerindra yang sebelumnya mendukung pencalonan pasangan Juliyatmono dan Rober Christanto mencabut dukungan dan sepakat berkoalisi dengan PKS mengusung Rohadi Widodo dan Ida Retno Wahyuningsih.

Akhirnya, di detik-detik saat perpanjangan waktu pendaftaran Cabup dan Cawabup di tutup, Rohadi Widodo akhirnya bisa mencalonkan diri sebagai Cabup dalam Pilkada dan berpasangan dengan Ida Retno Wahyuningsih.

Meski hanya berkoalisi dengan Partai Gerindra, Rohadi Widodo mampu melakukan perlawanan sengit menghadapi pasangan Juliyatmono dan Rober Christanto yang didukung 7 partai saat pilkada silam.

Meskipun akhirnya, pasangan Juliyatmono dan Rober Christano yang memenangkan pertempuran di pilkada silam, namun perolehan suara kedua paslon ini tidak terpaut jauh berbeda.

Dari data yang dimiliki iNewskaranganyar.id, pasangan calon nomor nomor urut 1, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih, saat itu meraih 231.242 suara atau 43,79 persen.

Bahkan didua kecamatan yakni Kecamatan Ngargoyoso dan Karanganyar, pasangan calon nomor urut 1 menang mutlak.  Sedangkan pasangan calon nomor urut 2, Juliyatmono-Rober Christanto meraih 296.895 suara atau 56,21 persen. Pasangan calon nomor urut 2 menang di 15 kecamatan di Kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu ini.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut