get app
inews
Aa Read Next : Lirik Jenang Gulo Lagu Khas Jawa Tengah Ini Menceritakan Apa?

Juliyatmono Resmikan Gedung Kebudyaaan Pertama Tanpa Tiang Penyangga di Jateng Senilai Rp18 Miliar

Senin, 02 Januari 2023 | 11:52 WIB
header img
Bupati Karanganyar Juliyatmono meresmikan gedung kebudayaan senilai Rp18 miliar yang diklaimnya pertama di Jawa Tengah tanpa menggunakan tiang penyangga (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, INewskaranganyar.id - Bupati Karanganyar Juliyatmono meresmikan gedung Kebudayaan berdisain Joglo yang diklaimnya pertama di Jawa Tengah tanpa menggunakan tiang penyangga.

Selain diklaim pertama di Jawa Tengah tanpa menggunakan tiang penyangga, Gedung yang menghabiskan anggaran sebesar Rp18 milair dan berdiri diatas luas bangunan 2915 meter ini diklaim tahan terhadap guncangan gempa.

Ia mengatakan, awalnya gedung kebudayaan ini akan didirikan dua lantai. Bahkan alokasi anggaran sebesar Rp30 miliar itupun telah dipersiapkan. Namun, rencana itu tak jadi dilaksanakan karena terkena Refocussing, maka batal dilaksanakan.

"Dari luar memang gedung ini terlihat pendek. Tapi begitu masuk kedalamnya, luasnya minta ampun. Karena awalnya gedung ini akan dibangun dua lantai. Anggaran sebesar Rp30 miliar sudah disiapkan. Lantai yang dikita tempati ini, tadinya akan dijadikan basement, tempat parkir. Tapi karena terkena Refocussing tak jadi dua lantai hanya satu lantai saja. Dan anggarannya itupun ikut turun tidak jadi Rp30 milar, hanya Rp18 miliar,"papar Juliyatmono saat peresmian, Senin (2/1/2022)

Menurutnya, dengan kemegahan gedung kebudayaan menggantikan Gedung Wanita, orang tidak akan percaya bila dana pembangunan gedung ini hanya Rp18 miliar. 

"Kalau ada yang lihat kedalamnya pasti tidak akan percaya kala dana pembangunan hanya Rp18 miliar,"terangnya.

Ia menambahkan, gedung Kebudayaan ini mampu menampung 4.000 orang di dalam gedung. Dan orang pertama yang akan menyewa gedung ini adalah dirinya.

"Gedung ini yang pertama kali menyewa adalah saya. Ojo khawatir aku nyewo. Ora gratis, nganggo duitku dewe, ini acara keluarga, buat Ngundu mantu, dudu kedinasan. Sebentar lagi saya bikin surat untuk menyewa gedung. Hitungen piro biaya sewannya, tak bayar. Iki tertib administrasi,"papar Juli -biasa disapa- disambut tepuk tangan pejabat yang hadir.

Di tahun ini, Bupati masih menganggarkan pembangunan musala yang akan melengkapi Gedung Kebudayaan. 

"Gedung harus dimanfaatkan dengan maksimal. Nanti sebelum Lebaran gedung ini akan digunakan untuk pameran produk UMKM dan pangan," katanya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut