get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Kisah Sukses Bagong, Lulusan SMP Kini Sukses Menjelma Jadi Miliarder di Karanganyar

Sabtu, 24 Desember 2022 | 20:21 WIB
header img
Warsono alias Bagong miliader asal lereng Gunung Lawu ini meski hanya lulusan SMP (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

Saat pulang, temannya itu memberikan uang sewa kendaraan pada dirinya. Dari situ, Bagong berpikir kenapa tidak membuka rental mobil. Akhirnya Bagong membeli 4 mobil untuk di rental. 

Awalnya berjalan baik, sampai akhirnya dia pun membeli truk untuk disewakan. Tapi karena tak memiliki pengalaman sama sekali, Bagong pun mengalami kerugian. Dimana truknya banyak yang rusak dan mobil rentalnya ada yang dibawa lari penyewa. Akhirnya, Bagong pun menutup usahannya itu dan fokus pada usaha tanamannya.

Rumah Makan

Namun naluri bisnis Bagong pun kembali muncul.Saat ada temannya yang mengajak membuka rumah makan, Bagong memutuskan untuk bergabung. Lambat laun usaha rumah makan yang didirikan bersama temannya itu maju pesat.


RM Kemuning Bale Botram salah satu usaha milik Warsono alias Bagong miliader asal Ngargoyoso Karanganyar ini (Foto: iNewskaranganyar.id.Bramantyo)

 

Akhirnya, setelah dirasa mampu mengelola rumah makan, Empat bulan terakhir ini Bagong pun akhirnya memutuskan untuk mengelola sendiri rumah makan dengan dibantu anaknya. 

"Nilai investasinya Rp2,9 miliar. Akan ada pengembangan ke outbond dan kolam renang sendiri," katanya.

Konsep marketing yang diterapkannya cukup ampuh. Bagong menawarkan paket makan di RM Kemuning Bale Botram dengan sistem paket. Dimana harga perpaket menu mulai harga mulai Rp85 ribu per orang sampai Rp240 ribu per orang. 

Tak hanya paket makan, Bagong pun mencoba memberi paket komplit antara lain fungame, dokumentasi, makan, trainer dan sebagainya. Kemudian untuk jelajah jeep mulai short, medium, long dan fullday ditawarkan dengan variasi harga pantas. 

"Tubing kita di Senatah, Pringkuning dan paling booming di Kalipucung. Juga ditawarkan homestay. Di luar resto, kami mengerjasamakan ke rekanan," katanya. 

Di rumah makannya, Bale Botram menyediakan aneka menu nasi lauk maupun kudapan dan camilan khas. Paling spesial adalah Nasi Liwet Bandung yang dapat dinikmati tiga orang per porsi Rp60 ribu. 

Bagong mengatakan seluruh menu makanan dan minuman yang disajikan memiliki citarasa istimewa. Untuk minuman teh, ia meracik dan meramunya sendiri. Makanannya pun tak pernah dikomplain tamu. 

Rasa sayang bagi keluarga bakal lebih komplit ditunjukkan dengan membawakannya oleh-oleh di pusat oleh-oleh Bale Botram yang berada di depan taman parkirnya.

"High season momentum akhir tahun ini semuanya harga normal. Enggak ada kenaikan harga. Reservasinya pun penuh sampai 10 Januari 2023," ungkapnya. 

Ia mengatakan RM Kemuning Bale Botram berdiri sejak 19 Oktober 2021. Cobaan lainnya kembali menghampiri Bagong. Putra tersayang Bagong meninggal dunia dua bulan sebelum putranya itu di wisuda. 

Meski dirinya sangat bersedih dengan meninggalnya putra tercinta,Bagong tetap tegas dan melanjutkan semua manajemen yang telah diterapkan putranya itu.

Itulah sekelumit cerita Bagong Miliader asal Ngargoyoso Karanganyar. Meski hanya lulusan SMP, namun dengan tekat yang kuat, akhirnya Bagong bisa memiliki segalannya yang semula tak pernah dipikirkannya. Bahkan kini Bagong akhirnya mampu mewujudkan cita-citannya mendirikan Pondok Pesantren (Ponpes) di tanah kelahirannya, Ngargoyoso. 

"Semua mengalir seperti air. Insya Allah bulan depan kami berangkat ke tanah suci untuk Umroh,"pungkasnya. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut