get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Pompa PUDAM Papahan Karanganyar Meledak Tersambar Petir, Pasokan Air ke Warga Tersendat

Sabtu, 19 November 2022 | 20:17 WIB
header img
Dirut PUDAM Karanganyar Prihanto tengah memantau langsung pemasangan pompa air yang meledak karena tersamber petir (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Sambaran petir meledakkan pompa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PUDAM) Karanganyar hingga membuat pasokan air ke Kecamatan Jaten mampet.

Peristiwa langka itu terjadi pada di instalasi air yang terletak di Papahan, Tasikmadu, Karanganyar. Ledakan pompa penyedot air di lokasi terkena sembaran petir pada saat hujan deras, Jumat (18/11/2022) malam.

Akibat ledakan tersebut, pompa dengan kedalaman sumur 150 meter tidak mampu mengalirkan air dengan kapasitas penuh. Pantauan iNewskaranganyar.id, beberapa pekerja PUDAM terlihat tengah memasang pompa air baru yang langsung didatangkan dari Semarang.

Kabag Produksi PUDAM Karanganyar Dani mengatakan kerusakan pompa air ini murni karena faktor alam. Dimana pompa air tersambar petir

Sehingga saluran air dari pengelolaan air Papahan, Tasikmadu ke wilayah Jaten jadi tersendat. Di antaranya Perumahan Jaten Permai, Bumi Graha, Veteran dan Josroyo.

"Untuk perbaikan, kami harus menunggu alat baru yang didatangkan dari Semarang. Ini alatanya sudah datang, langsung kami pasang,"terangnya.

Diakui, proses pemasangan memakan waktu beberapa jam. Bagian tersulit itu saat mengepaskan posisi pompa.

"Kedalaman sumur 150 meter tapi posisi dipompa 72 meter. Ibarat mesin, Pompa air ini mesin penggerak utama untuk memompa air keluar agar bisa di komsumsi," terangnya.

""Semaksimalnya kami upayakan perbaikan, mohon doanya agar pengerjaan berjalan lancar dan hujan berhenti,"imbuhnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut