Menelusuri Jejak Terakhir Mantan Perdana Menteri Berhaluan PKI di Karanganyar

Bramantyo
.
Kamis, 29 September 2022 | 21:27 WIB
Di Kota yang terkenal dengan slogan Tentram inilah bersemayam salah satu tokoh yang terkait dengan pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI), dia adalah Amir Sjarifudin (iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Kabupaten Karanganyar salah satu Kota yang terletak di bawah lereng Gunung Lawu ini termasuk salah satu saksi sejarah kelam bangsa Indonesia. Di Kota yang terkenal dengan slogan Tentram inilah bersemayam salah satu tokoh yang terkait dengan pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI), dia adalah Amir Sjarifudin.

Amir Sjarifudin dimakamkan di Dusun Ngaliyan, kelurahaan Lalung, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di Desa ini pulalah Amir Sjarifudin mantan Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan 1947 - 1948 era mantan Presiden Soekarno dimakamkan bersama 10 rekannya yang lain.

Makam Amir Sjarifudin berbeda dengan makam taman pahlawan yang ada di Kalibata, Jakarta, jauh dari kesan mewah tak sebanding dengan nama besarnya. Justru sebaliknya, makam Amir Sjarifudin yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) lebih didominasi kesan kumuh dan banyak ditumbuhi rumput liar. 

Meskipun makam Amir Sajrifudin terletak di pemakaman umum, tetapi warga sekitar areal pemakaman tersebut tidak ada yang mengetahui sama sekali tentang Amir Sjarifudin. Sehingga untuk mengetahui sejarah Amir Sajrifudin dan 10 rekan Amir Sajrifudin yang juga dimakamkan di pemakaman umum tersebut, sedikit kesulitan. Pasalnya, papan yang menerangkan sejarah hidup Amir Sjarifudin tidak ada sama sekali.

Yang ada hanya keterangan di batu nisan yang bertuliskan "MR Amir Sajrifudin, Lahir 27 bulan 5 tahun 1907, wafat 19 bulan 12 tahun 1948." Setelah melakukan pencarian, akhirnya salah satu saksi hidup yang mengetahui kronologi Amir Sjarifudin hingga akhirnya dimakamkan di Dusun Ngaliyan, Desa Lalung, Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, berhasil ditemukan.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini