Logo Network
Network

Setan Sawah Dari Pocong Hingga Kuntilanak Muncul di Desa Gentungan Karanganyar Seperti ini Bentuknya

Bramantyo
.
Senin, 20 Juni 2022 | 20:22 WIB
Setan Sawah Dari Pocong Hingga Kuntilanak Muncul di Desa Gentungan Karanganyar Seperti ini Bentuknya
Setan Sawah Dari Pocong Hingga Kuntilanak Muncul di Desa Gentungan Karanganyar Seperti ini Bentuknya (Foto: Ilustrasi/Instagram)

KARANGANYAR, iNews.id - Warga Desa Gentungan, Mojogedang, Karanganyar dihebohkan dengan kemunculan para setan di arel persawahan.

Setidaknya, ada 30 jenis setan muncul di sekitar Embung Setumpeng yang ada di Desa Gentungan. Mulai dari hantu pocong, kuntilanak, hingga genderuwo.

Para setan ini secara berkelompok muncul dan bisa dilihat oleh mata telanjang. Mereka menampakan diri secara terang-terangan. Tapi nanti dulu, setan yang muncul di sekitar embung Setumpeng ini bukanlah setan sesungguhnya. 

Barisan setan ini yang muncul di areal persawahan di sekitar embung Setumpeng ini, hanyalah mainan belaka untuk menaku-nakuti hama yang biasa menyerang sawah. Seperti tikus dan burung.


Setan sawah ini biasa dipakai petani untuk mengusir hama (Foto: iNewskaranganyar/Bramantyo)

Para setan ini dipasang berbaris di galengan sawah oleh kelompok tani dalam festival memedi sawah yang digelar di sekitar Embung Setumpeng Desa Gentungan Kecamatan Mojogedang Karanganyar.

Agar semakin meriah, barisan setan ini dikirab terlebih dahulu sebelum dipasang ditengah sawah. Munculnya para setan dalam kirab ini menarik perhatian warga masyarakat.

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini