get app
inews
Aa Read Next : Persiapan Kemala Run, Polres Karanganyar Gelar Fun Run Village to Village

Antisipasi Kecelakaan, Polisi Cek Kesiapan Angkutan Umum di Karanganyar

Senin, 23 Mei 2022 | 20:07 WIB
header img
Pelaksanaan Rump Check dilakukan terhadap kendaraan angkutan umum sebanyak 8 unit bus AKDP dan 6 unit bus AKDP di Karanganyar (iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.id  -  Antisipasi kecelakaan lalu lintas (laka lantas)  Polres Karanganyar lakukan pengecekan dan pengawas kendaraan angkutan umum di salah satu garasi bus di wilayah Gayam dompo Karanganyar.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo melalui Kasi Humas AKP Agung Purwoko sampaikan kegiatan itu bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir fatalitas kecelakaan lalu lintas.

“Pengecekan dan pengujian kendaraan umum, baik kendaraan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) ataupun AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) ini untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ungkap AKP Agung, Senin (23/5/2022).

Pelaksanaan Rump Check dilakukan terhadap kendaraan angkutan umum sebanyak 8 unit bus AKDP dan 6 unit bus AKDP dengan pengecekan berupa dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan kendaraan.

Seperti pengecekan teknis berupa
sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban, dan sabuk keselamatan. Perlengkapan tanggap darurat. Termasuk pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Misalkan Buku Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM dan STNK," lanjutnya.  

Ditambakan AKP Agung, kegiatan ramp check angkutan umum seperti ini akan terus di laksanakan oleh satlantas Karanganyar minimal sebulan sekali.

"Untuk kedepannya di harapkan kendaraan kendaraan umum bisa lebih terkontrol kelayakan teknis utamanya dan ketertiban administrasi dalam hal ini tertib pengesahan STNK tidak hanya itu kegiatan seperti ini juga di harapkan bisa mencegah kecelakaan menonjol di jalan raya," pungkasnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut