get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Siap-siap, Operasi Keselamatan Candi Kembali Digelar, Ini Daftar Pelanggaran yang Diincar

Sabtu, 02 Maret 2024 | 15:50 WIB
header img
Siap-siap, Operasi Keselamatan Candi Kembali Digelar 4 – 17 Marer, Ini Daftar Pelanggaran yang Diincar (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Satlantas Polres Karanganyar menggelar Operasi Keselamatan Candi 2024 mulai 4 – 17 Maret 2024.

"Tujuannya agar meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas," ungkap Kapolres Karanganyar AKBP Jerold Hendra Yosef Kumontoy, pada iNewskaranganyar.id, usai gelar pasukan operasi keselamatan Candi, Sabtu (2/3/2024) 

Petugas di lapangan, ungkap Jerrold, bukan cuma menegakkan hukum tetapi juga bisa menertibkan menggunakan edukasi, teguran, dan imbauan.

Dia mengingatkan hal itu dilakukan humanis dan diharapkan tak ada komplain dari masyarakat.

Untuk ETLE, lanjut Jerrold, tetap dilaksanakan. pasalnya ETLE  langsung merekam pelanggarannya dan secara administratif bisa langsung dilakukan penindakan. 

"Jika pelanggaran itu kasatmata kita langsung melakukan peneguran bahkan sampai ke penilangan seperti knalpot brong misalnya," imbuh Kapolres.

Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi menambahkan menjelang bulan Ramadhan pihaknya proaktif berkoordinasi dengan Polres Karanganyar.

"Kita dukung operasi ini karena, kalau dilihat angka kecelakaan terus menurun dari tahun ke tahun," ujar Timotius. 

Selain itu apa  yang dilakukan Polri, salah sarunya pembinaan kepada siswa dan generasi muda agar tertib berlalulintas dan tidak menggunakan knalpot brong juga sukses. 

"Ketika semua berkomitmen menghapus knalpot brong hasilnya kasus knalpot brong mulai menurun dan jadi terbaik di Jawa Tengah," terangnya. 

Korban Lalin Meninggal Meningkat

Sementara itu di Polda Jateng, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut setiap hari ada sekira 76 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas). 


Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (Foto: Humas Polda Jateng)

 

Tingginya angka fatalitas korban itu perlu jadi perhatian bersama agar terus mengutamakan keselamatan jalan ketika berkendara.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut