get app
inews
Aa Read Next : KPU Karanganyar Pastikan Patuhi Putusan MK, 5 Parpol Bisa Usung Calon Mandiri

Training Center NPC Delingan bakal Dipasang Jaringan Air oleh PDAM Tirta Lawu Karanganyar 

Selasa, 23 Juli 2024 | 07:55 WIB
header img
Proyek pembangunan TC NPC di Delingan bakal dipasang jaringan air oleh PDAM Tirta Lawu Karanganyar. Foto: Ist

KARANGANYAR, iNewsKaranganyar.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lawu Karanganyar akan memasang jaringan air ke lokasi Training Camp National Paralympic Committee (TC NPC) di Delingan.

Pemasangan jaringan air yang menelan anggaran Rp3,3 miliar ini, ditargetkan rampung pada September mendatang. Direktur Utama PDAM Tirta Lawu Karanganyar, Prihanto, mengatakan bahwa pembangunan jaringan air ini akan menjadi penunjang operasional proyek strategis nasional pembangunan TC NPC.

"Pemasangan pipa jaringan air akan dimulai pada 1 Juli. Kami menargetkan selesai dalam dua bulan ke depan," kata Prihanto.

Prihanto menjelaskan bahwa jaringan pipa akan dipasang sepanjang 6,3 kilometer (km) dari Sumber Ngumpeng Karangpandan ke Delingan. Jaringan pipa tersebut akan ditanam di dalam tanah menggunakan pipa HDPE 4 inci dengan kapasitas air mencapai 20 liter per detik.

Lebih lanjut, Prihanto memastikan bahwa pemasangan jaringan pipa ini terpisah dari jaringan pelanggan PDAM, sehingga tidak akan mengganggu pasokan air kepada pelanggan PDAM.

"Anggaran yang kami perkirakan mencapai Rp3,320 miliar. Karena training center ini merupakan proyek strategis nasional, maka kami siap untuk mengerjakannya. Semua persiapan sudah matang, tinggal melaksanakan saja," katanya.

Prihanto menjelaskan bahwa pemakaian air untuk TC NPC diperkirakan mencapai 350 meter kubik per hari, atau setara dengan 1.323 sambungan rumah (SR). Biaya pemakaian air tersebut mencapai Rp66,150 juta per bulan.

Hal ini dinilai sangat menguntungkan bagi PDAM. Dalam membangun jaringan dengan spesifikasi seperti itu, biasanya memerlukan waktu 90 hari kerja. Namun, pihaknya menargetkan penyelesaian dalam waktu dua bulan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, megaproyek pembangunan TC atlet NPC di Delingan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, resmi dimulai pada Jumat (8/3/2024).Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandai dimulainya pembangunan TC NPC dengan membunyikan sirine. Prosesi peletakan batu pertama batal dilakukan karena hujan deras di lokasi.

Hadir mendampingi Presiden, Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono, Menteri Pemuda dan Olahraga, Panglima TNI, Pj. Gubernur Jawa Tengah, Pj. Bupati Karanganyar, Anggota Komisi X, dan Ketua NPC.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut