get app
inews
Aa Read Next : Gelombang Dukungan Mas Dar Gubernur Jateng Menguat, PPJT Mantap Gelorakan Sudaryono di Pilkada

Gandeng BNN, Persatuan Pemuda Jawa Tengah Gelar Sosialisasi Bahaya Narkotika di Pelajar Karanganyar

Senin, 20 Mei 2024 | 19:42 WIB
header img
Memperingati Harkitnas, Persatuan Pemuda Jawa Tengah Gandeng BNN Sosialisasi Bahaya Narkotika di Karanganyar (Foto: Ist)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id Persatuan Pemuda Jawa Tengah mengadakan sosialisasi bahayanya penggunaan Narkoba dikalangan para siswa SMKN 1 Karanganyar

Sosialisasi yang dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surakarta dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini ditujukan supaya generasi milinial terutama siswa SMKN 1 Karanganyar sadar akan bahaya narkoba.

Hadir dalam sosialisasi bertajuk Sekolah Bersinar yakni Sekolah Bersih Narkoba itu Kepala BNNK Surakarta I Gede Nakti Widhiarta, Ketua Persatuan Pemuda Jawa Tengah Wahyu Putranto SE MM, dan sejumlah undangan.

Ketua Umum Persatuan Pemuda Jawa Tengah, Wahyu Putranto SE MM menguraikan, permasalahan penyalahgunaan narkoba mempunyai dimensi yang luas dan kompleks, baik dari sudut pandang medik, psikiatri, kesehatan jiwa maupun psikososial (ekonomi, politik, sosial budaya, kriminalitas dan sebagainya).

“Penyalahgunaan narkoba merupakan fenomena sosial yang telah lama menjadi masalah sosial di masyarakat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penyalahguna yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri,” kata Wahyu Putranto pada wartawan,Senin (20/5/2024). 

Ia mengatakan, permasalahan penyalahguna narkoba adalah permasalahan yang tidak bisa hilang hanya dengan melakukan pemberantasan saja, namun perlu adanya edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat secara umum, terutama di kalangan pelajar atau generasi milenial. 

Sosialisasi atau penyuluhan mengenai narkoba tidak dapat dilakukan oleh BNN sendiri. Melainkan harus dibarengi dengan keterlibatan Pemerintahan Desa, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan peran keluarga yang sangat penting.

“Penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan melalui apa saja dan dimana saja.  Maka dari itu, diperlukan sinergitas antarstakeholder agar permasalahan sosial penyalahgunaan narkoba dapat diatasi bersama,” terangnya.

Wahyu Putranto membawa pesan dari Dewan Pembina Persatuan Pemuda Jawa Tengah, Sudaryono, untuk menjauhi narkoba karena akan berdampak sangat negatif dalam masa depan bangsa.

“Mas Dar (sapaan karib Sudaryono) sangat concern dengan masalah-masalah anak-anak muda, salah satunya narkoba. Mas Dar mengajak generasi muda untuk berperan aktif dan kreatif mengembangkan bakat minat ke hal-hal positf,” tuturnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut