get app
inews
Aa Read Next : 5 Fakta Kebakaran Hutan Gunung Merbabu, Apa Saja?

Mitos Mengerikan Gunung Merbabu, Mulai Macan Merbabu Hingga Kerajaan Gaib di Puncak

Jum'at, 01 Desember 2023 | 16:59 WIB
header img
Misteri mengerikan Gunung Merbabu , apa saja (Foto: Okezone)

BOYOLALI, iNewskaranganyar.id - Gunung di Pulau Jawa banyak yang dikeramatkan. Hampir semua gunung di pulau jawa tak terlepas dari cerita-cerita mistis. Salah satunya termasuk gunung Merbabu

Gunung yang letaknya berdampingan dengan Gunung Merapi ini memiliki cerita-cerita angker yang kerap membuat pendaki ketakutan.

Sedikitnya ada lima mitos Gunung Merbabu yang membuat bulu kuduk berdiri, apa saja?

Macan Merbabu

Bukannya macan yang sebenarnya, macan gaib konon juga ada di Merbabu. Hantu macan loreng diceritakan suka mengganggu dengan aumannya yang tidak berwujud.

Bahkan kabar kematian seorang wanita di gunung tersebut oleh gigitan makhluk buas pada 2008 menjadi kontroversial karena masyarakat yakin sudah tidak ada lagi macan di Merbabu.

Watu Gubug

Keangkeran Watu Gubug sudah familiar di mata pendaki, yang pernah atau biasa melalui jalur Thakelan. Batu tertumpuk menyerupai gua kecil di jalur tersebut konon menjadi pintu masuk kerajaan gaib di Gunung Merbabu. Tempat yang katanya sering didatangi untuk ritual, sering dijadikan pendaki untuk berteduh.

Setan Minta Gendong

Konon, di Pasar Setan yang dikenal sebagai Pasar Dieng Gunung Merbabu, sering ada setan yang minta gendong kepada pendaki. Makhluk halus tersebut akan duduk di atas tas pendaki dan tanpa disadari pendaki mengarahkan mereka ke puncak gunung.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut