get app
inews
Aa Read Next : Peserta Program BIPA UMS Belajar Mainkan Alat Musik Tradisional Gamelan di Bayat

Mitos Gunung Sangiang, Pusat Kerajaan Gaib Tempat Mukso Eang Santa Suta Penguasa Tanah Sumedang

Minggu, 06 Agustus 2023 | 15:10 WIB
header img
Mitos Gunung Sangiang, Pusat Kerajaan Gaib Tempat Mukso Eang Santa Suta Penguasa Tanah Sumedang (Foto: Tangkapan Layar Instagram Backpekerjakarta)

SUMEDANG, iNewskaranganyar.id - Gunung Sangiang salah satu gunung yang ada di tanah Jawa. Gunung ini terletak di Dusun Sangian Desa Buanamekar Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. 

Seperti gunung lainnya di tanah Jawa, gunung ini pun menyimpan misteri tersendiri. Salah satunya alunan suara gamelan dari lereng gunung. Suara gamelan itu perses seperti orang yang tengah hajatan. Suara gamelan itu selalu bergema pada malam jumat dari Gunung sangiang.

Gunung Sangiang bagi masyarakat Sumedang begitu akrab. Khususnya, masyarakat yang tinggal dilereng gunung ini sangat percaya bila digunung ini Eang Santa Suta moksa menghilang tak berbekas.

Mitos lainnya, digunung itu terdapat situs Batukuda. Situs ini bentuknya mirip seekor kuda jantan. Tak ada referensi apapun menyangkut batukuda ini. Namun, bagi masyarakat sekitar, khusunya yang memiliki kuda, mereka akan mengkawinkan kuda miliknya dengan batukuda ini. Jika kuda betina sudah di kawinkan dengan Batu kuda tersebut, maka kuda betina akan mengalami kehamilan.

Hingga saat ini, sebagian masyarakat setempat meyakini misteri gunung sangiang tersebut merupakan pusat kerajaan gaib. Maka dari itu tempat ini disakralkan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut