get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Gelar Turnamen Catur Piala Bupati Karanganyar Cup 2023, Tuan Rumah Belum Dapat Juara

Selasa, 31 Oktober 2023 | 19:41 WIB
header img
Gelar Turnamen Catur Piala Bupati Karanganyar Cup 2023, Tuan Rumah Belum Dapat Juara (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Ratusan pecatur mengikuti turnamen Catur Piala Bupati Karanganyar Cup 2023 yang di gelar Stadion RM Said. 

170 pecatur yang mengikuti turnamen catur yang diinisiasi Gerakan Aspirasi Muda Lawu (GARDAL) ini berasal dari berbagai daerah nulai dari Soloraya hingga Salatiga, Semarang dan Yogyakarta. 

Komandan Gardal, Ananda Novel mengatakan dalam turnamen piala Bupati Cup 2023 meriahkan HUT Karanganyar ke 106 ini diikuti 170 pecatur segala lapisan usia. 

"Ada 170 peserta yang mengikuti pertandingan untuk kategori U7-U17, U13-U17, dan kategori umum non master,"papar Komandan Gardal, Ananda Novel, Selasa (31/10/2023)

Turnamen tersebut menyiapkan 100 meja catur untuk para peserta. Mereka mengisi tujuh kali babak catur cepat sistem Swiss (Incremen 15+3). 

"Turnamen kali ini pecatur Karanganyar masuk dalam 10 besar. Kendalanya mereka kurang percaya diri. Kedepannya dengan makin seringnya mereka mengikuti turnamen bisa memupuk rasa percaya diri dan bisa meraih juara," ujarnya. 

Ia mengatakan kompetisi la catur ini digelar tiap tahun. Awalnya skala kabupaten lalu tingkat Soloraya dan sekarang  wilayah Jateng-DIY.  Ditambahkan Novel, untuk membangkitkan minat kalangan muda menyukai olahraga catur memang lumayan sulit. Mereka lebih menyukai permainan game online. Rumah Catur Muda Lawu yang dibentuk Gardal diharapkan menjadi tempat anak-anak, kaum muda untuk pelatihan catur. 

Latihan rutin yang dilakukan di markas Gardal ini kurang diminati kawula muda, padahal gratis tanpa dipungut biaya. Sebagai bentuk bentuk pengabdian Gardal kepada masyarakat.

"Pasalnya anak-anak muda sekarang lebih tertarik dengan game online,"terangnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut