get app
inews
Aa Read Next : KPU Karanganyar Pastikan Patuhi Putusan MK, 5 Parpol Bisa Usung Calon Mandiri

Padamkan Api Kebakaran Hutan di Gunung Lawu, Helikopter Seliweran di Langit Karanganyar

Minggu, 08 Oktober 2023 | 20:14 WIB
header img
Padamkan Api Kebakaran Hutan di Gunung Lawu, Helikopter Seliweran di Langit Karanganyar (Foto: Ilustrasi/Okezone)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Upaya memadamkan kebakaran hutan di Gunung Lawu baik melalui darat terus dilakukan. Termasuk memadamkan api melalui udara juga dilakukan.

Pantauan dilokasi, Helikopter BNPB terbang dari lapangan Dusun Cetho, Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar. Helikopter milik BNPB sekira pukul 12.45 WIB, terbang sambil membawa kantong air.

Kalak BPBD Kabupaten Karanganyar Juli Padmi Handayani berharap dengan upaya water bombing bisa memadamkan api yang mebakar hutan di gunung Lawu.

"Helikopter sudah terbang mengambil air dan memadamkan api, harapan kami lewat Water Bombing, api bisa dipadamkan,"papar Juli pada wartawan, Minggu (08/10/2023).

Ia mengatakan, proses pemadaman kebakaran di Gunung Lawu melalui udara ini baru pertama kali. Air yang diangkut oleh Helikopter untuk memadamkan kebakaran ini diambil dari embung di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

"Helikopter terbang sebanyak 7 kali. Air dari Embung Banyu Kuwung, Desa Anggramanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Tadi operasi dimulai pukul 13.00 WIB, take off di lapangan Cetho, dan mengambil air dari Embung Banyu Kuwung, sebanyak 7 kali,"terang Juli. Juli mengatakan operasi ini sempat dihentikan sementara karena masalah cuaca di sekitar api.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut