get app
inews
Aa Read Next : Semangat Kapolres Karanganyar pada Lomba Lari Internasional Kemala Run 2024

Mitos Air Terjun Jumog di Lereng Gunung Lawu, Konon Tempat Memadu Kasih Jaka Tarub dengan Bidadari

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 13:39 WIB
header img
Air terjun Jumog salah satu air terjun yang terletak di desa Berjo, Ngargoyoso Karanganyar sudah terkenal keindahannya (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

Karena terpesona dengan keindahaan air terjun Jumog, membuat 7 bidadari ini nekat meninggalkan khayangan turun ke bumi. Begitu sampai ke air terjun, ke 7 bidadari ini tanpa pikir panjang langsung turun ke dalam air.

Mereka tidak sadar saat itu ada sepasang mata yang bersembunyi dibalik semak, melihat kemolekan dan kecantikan bidadari yang tengah mandi.

Pemuda itu ternyata bernama Jaka Tarub dan 7 bidadari. Dalam mitos ini, meski hanya seorang pemuda desa, namun Jaka tarub ini pemuda yang memiliki kesaktian tiada tandaning. 

Jaka Tarub adalah seorang pemuda yang menyimpan bulu ajaib dari seekor burung. Bulu itu memiliki kekuatan magis yang dapat membuatnya melihat bidadari yang sedang mandi di air terjun. 

Suatu hari, Jaka Tarub mengambil bulu itu dan menari-nari di dekat air terjun. Bidadari-bidadari yang tengah mandi pun melihatnya dan salah satu dari mereka, Nawang Wulan, tertarik pada Jaka Tarub. 

Merekapun menikah dan dikaruniai seorang anak, namun Nawang Wulan menemukan bulu itu dan memutuskan untuk kembali ke surga. 

Jaka Tarub pun berusaha mencarinya, namun tak berhasil menemukannya. Hingga saat ini, Jumog masih mencari Nawang Wulan di sekitar Air Terjun Jumog.

Mitos dan legenda Air Terjun Jumog ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang. Selain menikmati keindahan air terjun, mereka juga bisa merasakan kesan magis yang dihadirkannya. 

Namun, tentu saja, setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda terhadap mitos ini. Bagi sebagian orang, mitos ini hanya legenda yang tak perlu dianggap serius. 

Sementara itu, ada juga yang masih percaya akan kisah cinta abadi antara Jumog dan Dewi Larasati atau Jaka Tarub dan Nawang Wulan. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa mitos ini memberikan aroma romantis dan misterius pada Air Terjun Jumog. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut