get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Bagong, Lulusan SMP Kini Sukses Menjelma Jadi Miliarder di Karanganyar

Kisah Biskuit Mampu Hantar Jodi Hendra Atmaja Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Kamis, 14 September 2023 | 09:22 WIB
header img
Jogi Hendra Atmadja Dari Jualan Biskuit Serta Permen Jadi Orang Terkaya di Indonesia (foto: Okezone)

JAKARTA,iNewskaranganyar.id - Siapa tak mengenal Jogi Hendra Atmadja. Jogi Hendra Atmadja  merupakan salah satu miliarder Indonesia.

Dilansir dari Forbes, Jogi termasuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia dan menduduki peringkat ke-9 dengan total harta senilai USD4,1 miliar atau setara dengan Rp61 triliun (kurs Rp15.313).

Uniknya, kekayaan yang ia miliki diperoleh dari berjualan biskuit melalui perusahaan miliknya. Tidak hanya biskuit, perusahaannya itu juga menjual berbagai produk dari permen, kopi, hingga air minum dalam kemasan.

Awal Perintisan Bisnis

Melalui usaha biskuit di rumahnya yang dimulai pada tahun 1948, kemudian alumni kedokteran Trisakti ini mulai membangun PT Mayora Indah Tbk. atau Mayora Group bersama dua temannya Drs. Raden Soedigdo dan Ir. Darmawan Kurnia pada 17 Februari 1977.

Pabrik pertamanya berada di Tangerang, Banten. Dengan produk andalannya hingga sekarang, yaitu Roma Kelapa.

Sejak awal Jogi sudah menjadi komisaris utama di tiga perusahaan berbeda, antara lain PT Torabika Eka Semesta, PT. Tunita Branindo, dan PT Kakao Mas Gemilang.

Tidak hanya biskuit, dalam perkembangannya Mayora mengeluarkan produk Kopiko. Yang mana perusahaannya menjadi pelopor permen kopi di Indonesia.

Memiliki Produk Pesaing

PT Mayora mengeluarkan Teh Pucuk Harum dengan biaya promosi yang dikeluarkan itu mencapai ratusan miliar rupiah. Hal itu demi menyaingi Teh Botol Sosro yang saat itu menguasai pasar Indonesia.

Tidak hanya itu, perusahaan milik Jogi Hendra Atmadja ini juga bekerja sama dengan PT Tirta Fresindo Jaya untuk menghadirkan produk minuman dalam kemasan.

Produk yang diberi nama Le Minerale ini dibuat dengan harapan dapat menyaingi produk air dalam kemasan yang sudah beredar, PT Mayora membangun 5 pabrik di Kota Ciawi, Makassar, Medan, Sukabumi, Pasuruan dan menambah 2 pabriknya di Cianjur dan Palembang pada tahun 2016.

Sampai saat ini, Mayora Group memiliki 50.000 lebih pegawai yang bekerja di sana. Dan telah menjual sejumlah produknya lebih dari 100 negara.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut