get app
inews
Aa Read Next : Kisah Biskuit Mampu Hantar Jodi Hendra Atmaja Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Sempat Jadi Kurir Ilegal, Pria Asal China Ini Menjelma Jadi Miliarder Berharta Rp349 Triliun

Rabu, 07 September 2022 | 22:56 WIB
header img
Anak Profesor ini awalnya bekerja sebagai kurir ilegal namun kini sukses membangun jasa pengiriman terbesar di China (Foto: MPI)

KARANGANYAR, iNews.id - Wang Wei adalah pendiri dan pemimpin S.F Holding, layanan pengiriman paket yang dikenal sebagai Fedex of China, juga disebut SF Express. S.F didirikan di kota Shunde di Provinsi Guandong, China pada 1993. Perusahaan tersebut listing di Bursa Efek Shenzhen pada awal 2017. 

Wang Wei menjadi salah satu orang terkaya China dalam daftar Miliarder Terkaya 2022 versi Forbes. Miliarder 51 tahun ini berada di posisi keenam, dengan kekayaan sebesar 24,3 miliar dolar AS atau setara Rp349 triliun.

Wang Wei lahir di Shanghai pada 1970 dan pindah ke Hong Kong bersama keluarganya ketika berusia 7 tahun. Ayahnya adalah penerjemah bahasa Rusia untuk tentara China, sedangkan ibunya adalah profesor di salah satu universitas di China, yang membangun kembali People's China Daily Online.  

Meski berasal dari keluarga berkecukupan dan pendidikan tinggi, namun salah satu orang terkaya di China ini sempat mengalami masa-masa sulit ketika pindah ke Hong Kong. Kehidupannya di Hong Kong sulit dan Wang mengalami diskriminasi. 

"Saya tahu apa artinya menjadi miskin, didiskriminasi oleh orang-orang karena miskin. Orang tua saya adalah profesor universitas di China, tetapi prestasi akademik mereka tidak diakui ketika kami pindah ke Hong Kong ketika saya masih kecil. Jadi kami mulai dari awal," kata dia, dikutip dari South China Morning Post, Minggu (10/4/2022). 

Saat tumbuh dewasa, dia yang saat itu mengeluti bisnis di sektor tekstil mengalami kesulitan dalam pengiriman sampel ke Hong Kong dari China. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut