get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Wabup Karanganyar Rober Christanto Lepas Estafet Tunas Kelapa, Ini Rute yang Dilalui ke Sragen

Selasa, 22 Agustus 2023 | 20:20 WIB
header img
Wabup Karanganyar Rober Christanto Lepas Estafet Tunas Kelapa Pramuka, Ini Rute yang Dilalui ke Sragen (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Daerah Jawa Tengah di Karanganyar berlangsung meriah pada Selasa (22/8/2023).

Para pramuka yang menggendong cikal kelapa diiring dengan parade dramband dilepas langsung Wakil Bupati Rober Christanto dari SMP 2 Kalijirak, Tasikmadu, Karanganyar. Tunas-tunas kelapa itu akan diarak di beberapa kota. Karanganyar merupakan start dari pelaksanaan estafet.

Pantauan iNewskaranganyar.id, tunas-tunas kelapa itu dibawa 61 anggota pramuka, diiringi anggota pramuka lainnya. Mereka akan memulai perjalanannya sejauh 9,5 kilometer. Nantinya, di etape pertama yang berjarak 5 KM dari SMPN 2 Tasikmadu, tunas kelapa itupun akan diserahkan.

Selanjutnya dari etape pertama ini di SDN 01 Pereng Kecamatan Mojogedang, perjalanan dilanjutkan ke lokasi penyerahan tunas kelapa di Lapangan Jambangan Kabupaten Sragen yang berjarak 4,5 KM dari SDN 01 Pereng.

Tunas kelapa tersebut dibawa menuju Kota Solo untuk kemudian dilanjutkan lagi estafet dengan kabupaten lainnya dengan finish di Semarang. Pemberangkatan ETK berlangsung meriah. Di sepanjang jalan, mulai dari area SMP 2 Kalijirak, sampai perempatan Kalijirak diisi anak-anak sekolah.Mereka antusias melihat sambil mengenakan seragam pramuka. Saat rombongan lewat anak-anak yang dipinggir jalan itu juga mengibarkan bendera merah putih.


Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

 

Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto mengaku terharu melihat antusias pelajar dari sekolah yang dilewati rombongan pembawa tunas kelapa. Mereka ikut menyambut di pinggir jalan.

Pria yang juga menjadi Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab Gerakan Pramuka Karanganyar itu merasa bersyukur, melihat Pramuka bisa menjadi organisasi yang memberi kegiatan positif bagi generasi muda.

“Kami bersyukur gerakan pramuka membanggakan, menyemangati dan memberikan kegiatan-kegiatan positif,” tuturnya.

Ia berpesan, agar anggota Pramuka bisa meneguhkan dan mengokohkan semangat cinta tanah air. Serta senantiasa dapat berkreasi juga berinovasi.

”Gunakan masa muda sebaik- baiknya untuk masa depan Karanganyar gemilang,” ungkapnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut