get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak  & Sholat 5 Waktu Ramadhan Hari ke 3 Boyolali dan Sekitarnya Kamis 14 Maret 2024

Misteri Gaib Mbah Petruk Hingga Gunung Bibi, Tameng Alam Pelindung Warga Saat Merapi Mengamuk

Senin, 31 Juli 2023 | 17:06 WIB
header img
Gunung BIbi di bagian selatan Gunung Merapi ini diyakini masyarakat sekitar sebagai Ibu dari Merapi yang juga pemilik selendang yang dilihat warga seperti kilatan cahaya (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

BOYOLALI, iNewskaranganyar.id - Mitos Gunung Merapi bagi sebagian masyarakat yang tinggal di lereng gunung teraktif yang memisahkan empat Kabupaten dan dua Provinsi di tanah jawa ini sudah begitu akrab ditelinga.

Gunung satu ini diyakini sebagai penjuru angin bagi dua Keraton keturunan trah Mataram yang masih tersisa, yakni Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Tak heran, kalau kedua keraton ini, hingga saat ini kerap menggelar ritual di Gunung tersebut. Karena keyakinan itulah, masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Merapi tak pernah panik dan buru-buru mengungsi bila Gunung Marapi bergejolak.

Mereka meyakini meski asap panas atau wedus gembel ini sudah berulangkali dilepaskan Gunung Merapi, mereka tidak akan beranjak dari tempat tinggalnya, bila tanda-tanda gaib belum mendatangi salah satu tokoh yang di percaya sebagai juru kunci.

Saat Mbah Marijan masih hidup, masyarakat sekitar lebih patuh terhadap Mbah Marijan. Bahkan masyarakat sekitar lebih mematuhi alhamrhum mbah Marijan dibandingkan pemerintah.

Sekalipun perintah itu dikeluarkan dari pihak Keraton,selama Mbah Marijan belum didatangi sosok gaib yang menyerupai salah satu tokoh punakawan, Mbah Petruk, intruksi segera mengungsi belum dikeluarkan.

Sosok Mbah Petruk sendiri diyakini penunggu Gunung Merapi, warga, termasuk Mbah Marijan. Sehingga, bila sosok gaib Mbah Petruk sudah muncul, suatu pertanda bila erupsi besar tak lama lagi bakal terjadi.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut