get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 5 Tempat Wisata Sejarah di Kota Solo: Cek Nomor 2 Tengah Direnovasi

5 Fakta Unik Gunung Merapi, Mulai Diyakini Ada Kerajaan Gaib Hingga Pantai Selatan

Minggu, 09 Oktober 2022 | 08:14 WIB
header img
Fakta Unik Gunung Merapi , apa saja (Foto: iNewskaranganyar/dok.pri/Bramantyo)

BOYOLALI,iNewskaranganyar.id - Gunung Merapi salah satu gunung teraktif di Pulau Jawa. Gunung ini memisahkan empat kabupaten diantaranya, Kabupaten Boyolali, Klaten, Magelang dan satu lagi kabupaten yang masuk Daerah istimewa Yogyakarta, Sleman.

Namun dibalik Gunung yang begitu akrab dengan sosok Mak lampir dalam sinetron Misteri Gunung Merapi, ternyata banyak fakta unik yang masih jarang di ketahui masyarakat sekitar.

Fakta unik apa saja yang ada di Gunung yang kerap diidentikan dengan kesetiaan ini, berikut iNewskaranganyar.id menyuguhkan berdasarkan berbagai sumber yang berhasil dirangkum. 

1. Pejaga Dua Keraton

Gunung Merapi dianggap sakral oleh dua Keraton di Tanah Jawa, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Gunung ini dianggap salah satu pintu penjaga gaib kedua Keraton ini selain gunung Lawu, Alas Krendowahono dan Pantai Selatan.

Maka ta heran, bila kedua Keraton trah dari Mataram ini, setiap tahun selalu menggelar ritual untuk gunung Merapi. Keraton Kasultanan Yogyakarta setiap tahun selalu menggelar tradisi Labuhan di gunung Merapi. Tradisi ini digelar sebelum upacara tingalan Dalem (ulang tahun kelahiran raja).

Begitu pula Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton Solo setiap tahun menggelar tradisi Wilujengan Kiblat Sekawan. Ritual ini digelar dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suro, salah satunya memberikan sesaji di gunung Merapi.

Tak hanya gunung Merapi, Keraton Kasunanan Surakarta inipun melaksanakan Wilujengan dan Caos Sesaji di empat lokasi, di empat penjuru, yakni Gunung Lawu (Arah Timur), Pantai Parangkusumo (Laut Selatan / Arah Selatan), Gunung Merapi (Arah Barat), Alas Krendowahono (Arah Utara). 

Tradisi turun temurun dua Kerajaan di tanah Jawa itupun akhirnya diikuti masyarakat sekitar gunung Merapi. Dimana setiap tahun awal bulan Suro masyarakat sekitar lereng Merapi, khusunya di kawasan Selo, Boyolali melarung kepala kerbau ke dalam kawah di puncak Merapi.

2. Dipercaya Ada Kerajaan Roh

Dilansir iNewskaranganyar dari Wikipedia, masyarakat Jawa percaya bahwa Bumi tidak hanya dihuni oleh manusia, tetapi juga oleh makhluk halus (makhluk halus). Desa-desa yang dekat dengan gunung Merapi hingga kini mempercayai di di gunung Merapi berdiri sebuah Kerajaan gaib atau Kerajaan Roh. Kerajaan itu dihuni oleh para roh 

Kerajaan gaib ini diperintah oleh Empu Rama dan Empu Permadi. Keraton gaib ini dipercaya sebagai pendamping spiritual Kesultanan Yogyakarta. Sama seperti Kerajaan dialam manusia, Kerajaan gaib ini pun diyakini memiliki berbagai fasilitas, mulai jalan raya, Prajurit, Putra Mahkota, kendaraan dan hewan peliharaan.

Selain para penguasa, istana ini konon juga dihuni oleh arwah para leluhur yang meninggal sebagai orang-orang saleh. Roh nenek moyang ini konon tinggal di istana sebagai abdi dalem (abdi dalem) sesekali mengunjungi keturunan mereka dalam mimpi untuk memberikan ramalan atau peringatan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut