get app
inews
Aa Read Next : Bangun Jalan dengan Uang Sendiri Rp2,8 M, Joko Suranto Kaget Diberi Gelar Pahlawan

Harapan Joko Suranto Crazy Rich asal Grobogan Calon Ketum REI : Aturan Jangan Kontraproduktif

Senin, 17 Juli 2023 | 09:11 WIB
header img
Harapan Joko Suranto Crazy Rich asal Grobogan Calon Ketum REI : Aturan Jangan Kontraproduktif

SEMARANG, iNewskaranganyar.id - Crazy rich asal Grobogan, Joko Suranto selangkah lagi menjadi Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) periode 2023-2026.

Pria yang kini menjabat Ketua REI Jawa Barat, merupakan calon tunggal dan akan dilantik menahkodai REI melalui Musyawarah Nasional (Munas) REI pada 8 Agustus 2023 mendatang.

Lantas, bagaimana strategi Joko membawa organisasi perusahaan properti tertua dan terbesar di Indonesia menjawab tantangan?

Menurut Joko yang juga CEO Buana Kassiti Group itu, sebenarnya industri properti sudah membuktikan diri dalam kontribusi pada bangsa dan negara. Di mana industri properti berkontribusi 14,6 persen atas produk domestik bruto (PDB) nasional, 9,3 persen atas APBN, 31,9 persen atas pendapatan asli daerah (PAD), 40 persen penyediaan infrastruktur dan penerimaan pajak antara 30-70 persen dari transaksi.

“Industri properti terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan industri terkait mencapai lebih dari 175 industri hulu. Tak tanggung-tanggung bisa meyerap 10,2 persen lokal," ungkapnya.

Meski begitu, Joko menilai industri properti masih dihadapkan pada kebijakan pemerintah yang kontraproduktif. Mulai belum siapnya sistem perizinan online single submission, hambatan perizinan seperti persetujuan bangunan gedung dan sawah dilindungi.

“Industri properti menyangkut banyak sektor terkait dengan regulasi lintas tetapi tak sinkron. Juga belum adanya UU khusus mengatur industri properti. Kita akan perjuangkan UU itu. Juga kita butuh kementerian khusus yang tangani perumahan dan pengembangan kawasan," jelas dia, Minggu (16/7/2023).

Joko berkomitmen untuk membawa REI solid, guyub dan berwibawa. Selanjutnya dia juga bertekad menyelesaikan berbagai persoalan yang masih menghambat industri properti. Antara lain dengan membentuk Badan Kajian Strategis (BKS) REI yang berperan sebagai think-tank, mengkaji dan merumuskan solusi persoalan untuk disampaikan kepada pemerintah.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut