get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh NU Ini Disebut Layak Jadi Cabup di Pilkada 2024 Karanganyar, Siapa Saja? Ini Nama-Namanya

Sapi Kurban Seberat 620 kg Milik Direktur PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Dibeli Presiden Jokowi

Selasa, 20 Juni 2023 | 10:54 WIB
header img
Presiden Jokowi membeli sapi kurban jenis limosin dari peternak di Karanganyar (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Sapi limosin seberat 620 kg yang berasal dari peternak di Tasikmadu, Karanganyar, dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai hewan kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah.

Sapi itu berasal dari peternak milik Suparno yang kebetulan Direktur Teknik PUDAM Tirta Lawu di Dusun Cabean, Desa Pandeyan, Kecamatan Tasikmadu,Karanganyar.

“Saya senang sekali sapi saya dibeli oleh bapak Presiden Jokowi. Ini pertama kalinya sapi saya terpilih untuk sapi kurban Presiden,”Papar Suparno, Senin (19/6/2023).

Sebenarnya pada tahun lalu, ungkap Suparno, sapi peliharaannya ini nyaris dibeli orang nomer satu di Republik Indonesia. Namun, rencana itu gagal setelah hasil pemeriksaan, sapinya terkena wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dan sama seperti tahun sebelumnya, dimana sebelum dibeli, sapi miliknya inipun harus melalui serangkaian pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan langsung tim dari Sekretariat Negara (Setneg) dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah. Pemeriksaan terhadap sapinya ini meliputi, postur tubuh serta kesehatan. Apakah sapinya ini bebas dari cacing hati dan dilakukan cek darah.

“Saya mengajukan empat ekor sapi. Dari keempat sapi yang saya ajukan, sapi yang tak memiliki nama inilah yang akhirnya terpilih. Sapi-sapi yang hendak dibeli sebagai hewan Kurban pak Presiden Jokowi itu harus memiliki tiga kriteria. Pertama berat sapi harus 6 kuintal, 8 kuintal dan satu ton. Untuk sapi saya lolos kriteria 6 kuintal,”lanjut Suparno, Selasa (20/6/2023)

Menurutnya, Sapi seberat 620 kg atau 6,2 kuintal yang dipilih sebagai hewan kurban Presiden Jokowi ini sudah dipesan sebulan lalu. Sapi berjenis Limosin ini dibeli Rp50 jutaan. Rencananya, sapi ini akan dikirim tanggal 27 Juni 2023 ke Masjid Kauman, Solo. dia mengatakan untuk sementara, sapi yang sudah dibeli Presiden Jokowi, dititipkan padanya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut