get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

Misteri Keramat Gunung Munara, Antara Sejarah dan Mitos Sang Proklamator 

Senin, 05 Juni 2023 | 21:23 WIB
header img
Misteri Keramat Gunung Munara, Antara Sejara dan Mitos Sang Proklamator (Foto: Jafwaltravel/iNewskaranganyar.id)

BOGOR,iNewskaranganyar.id - Gunung Munara yang terletak di sebelah barat Kabupaten Bogor merupakan salah satu kawasan yang hutan lindungnya masih terjaga. 

Gunung Munara sendiri terletak 40 km di barat daya Jakarta dan 12,1 km di sebelah barat dari daerah Parung tepatnya di daerah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Berbeda dengan Gunung lainnya di tanah Jawa yang memiliki ketinggian menjulang ke langit, Gunung Munara ini sendiri hanya memiliki ketinggian 30 meter di atas permukaan laut. Meskipun ketinggian gunung ini tak seperti gunung lainnya, namun kisah mitos inipun menyelimuti Gunung Munara.

Bahkan tokoh cerita rakyat legandaris asal tanah Pasundan yang digambarkan memiliki sifat lucu tapi pemalas Si Kabayan ini pun ternyata berasal dari Gunung Munara. Konon, di gunung ini, jejak kaki si Kabayan inipun terdapat di sini.

Keunikan lainnya di Gunung Munara ini yang dikaitkan dengan kisah mitos yakni banyaknya goa-goa. Salah satunya Goa Soekarno.

Konon, Goa ini dinamakan seperti nama Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno dikarenakan dahulunya disinilah sang ploklamator menyepi untuk merumuskan kemerdekaan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut