get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

6 Mitos Dibalik Gemerlap Pergantian Tahun Baru yang Biking Ngelus Dada, Apa Saja Itu?

Kamis, 28 Desember 2023 | 22:34 WIB
header img
6 Mitos Dibalik Gemerlap Pergantian Tahun Baru yang Biking Ngelus Dada, Apa Saja Itu?

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Momen pergantian tahun saat yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang di dunia. Malam pergantian tahun ini juga telah menjadi perayaan istimewa sejak zaman dulu dengan kemeriahan di berbagai belahan dunia.

Tapi tahukan, dibalik gemerlap serta hingar bingar pergantian tahun baru, ada sejumlah mitos tahun baru yang berkembang di berbagai belahan dunia. Secara khusus mitos terselubung dibalik gemerlap serta hingar bingar pergantian tahun baru bakal dibeberkan dalam artikel ini.

1. Anda harus tahu bahwa tahun baru pernah dirayakan pada tanggal 25 Maret. Namun, tanggalan ini kemudian diubah oleh masyarakat pasca masehi dan akhirnya 1 Januari ditetapkan sebagai tahun baru Masehi.

2. Fakta lain mengenai tahun baru adalah Julius Caesar adalah sosok pembuat kalender Masehi. Dalam pembuatan kalender masehi ini, dia dibantu seorang astronom dari Iskandariyah bernama Sosigenes.

3. Untuk daerah mana yang bakal merasakan pergantian tahun paling awal, wilayah di bagian paling barat dari garis meridien utama lah yang akan mengalami pergantian tahun lebih dulu. Samoa, negara tak jauh dari Hawaii, dan sebagian Kiribati merupakan wilayah pertama yang menyambut tahun baru.

4. Sementara itu, berkembang juga mitos tentang tahun baru ini. Salah satunya adalah makanan yang dianggap membawa keberuntungan pada malam tahun baru. Makanan tersebut adalah kacang kedelai (black eyed peas), daging babi, dan kubis. Makanan ini dianggap membawa kesejahteraan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut