get app
inews
Aa Read Next : Terungkap Kenapa Orang Jawa Tidak Boleh Menikah dengan Orang Sunda, Ternyata Disebabkan Ini

Inilah 7 Mitos Ayam Berkokok Malam Hari, Apa Sajakah Itu?

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 09:45 WIB
header img
Inilah 7 Mitos Ayam Berkokok Malam Hari, Apa Sajakah Itu? (Foto: Pixebay)

Inilah 7 Mitos Ayam Berkokok Malam Hari, Apa Sajakah Itu?

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Ayam berkokok waktunya bisa kapanpun. Bisa pagi, siang atau malam hari. Namun ada makna dibakik ayam berkokok malam hari yang diyakini oleh sebagian masyarakat, khususnya masyarakat Jawa.

Sedikitnya ada tujuh mitos yang diyakini saat ayam berkokok tengah malam yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Salah satunya sebagai pertanda datangnya malaikat.  

Lantas, apa saja mitos ayam berkokok? Simak ulasan berikut ini. 

Berikut tujuh makna ayam berkokok tengah malam hari:  

1. Pertanda Hantu Lewat 

Sebagian orang percaya jika terdengarnya suara ayam berkokok pada malam hari menandakan adanya sosok makhluk supernatural alias hantu yang lewat di sekitarnya. 

Menurut kepercayaan orang-orang ayam tersebut akan berkokok diatas jam 22.00. Hantu yang lewat tersebut kemudian di respon suara ayam dengan cara berkokok. 

Oleh karenanya, jika Anda mendengarkan suara tersebut di malam hari, segeralah membaca doa agar terlindung dari hal buruk. 

2. Malaikat Datang dan Lewat 

Dalam ajaran Islam, berkokoknya ayam di malam hari juga dipercaya sebagai penanda adanya malaikat yang datang dihadapanmu atau hanya sekedar lewat saja. 

Hal tersebut didasari karena adanya kepercayaan dari umat Islam terhadap ayam yang memiliki kemampuan istimewa dibanding hewan unggas lainnya, yakni dapat melihat sosok malaikat. 

3.  Menandakan Maling yang Sedang Beraksi 

Tidak hanya dikaitkan dengan hal mistis dan gaib saja, berkokoknya ayam di malam hari juga dianggap sebagai penanda hadirnya maling yang sedang beraksi.

Maling yang siap beraktifitas itu bisa direspon ayam dengan suara berkokoknya. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati jika mendengar ayam berkokok di malam hari.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut