get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Arti Mimpi Hadiri Pernikahan Suatu Pertanda Baik Atau Sebaliknya?

Terungkap Kenapa Orang Jawa Tidak Boleh Menikah dengan Orang Sunda, Ternyata Disebabkan Ini

Senin, 15 Januari 2024 | 21:33 WIB
header img
Terungkap Kenapa Orang Jawa Tidak Boleh Menikah dengan Orang Sunda, Ternyata Disebabkan Ini (Foto: Kominfo)

BANDUNG, iNewskaranganyar.id - Konon ada mitos larangan orang Jawa menikah dengan orang sunda. Katannya, bila calon mempelai dari orang Jawa adalah laki-laki dan perempuannya dari Sunda, maka laki-laki dari Jawa itu akan takluk. Dengan kata lain, laki-laki dari Jawa akan bisa diatur oleh perempuan yang berasal dari Sunda.

Begitu pula sebaliknya, bila perempuan dari Jawa dan laki-lakinya dari Sunda, maka perempuan itu akan takluk dengan laki-laki yang berasal dari Sunda. Bahkan, dalam hal pengaturan keuangan itupun akan dikendalikan seluruhnya oleh orang Sunda.

Akibatnya, pernikahan keduannya dipastikan tidak akan langgeng. Entah benar atau tidak kondisi itu tak lepas dari sejarah perang bubat antara Kerajaan Majapahit dari tanah Jawa dan Kerajaan Padjadjaran dari tanah Sunda.

Dilansir dari berbagai sumber, konflik dalam rumah tangga antara Sunda dan Jawa itu merupakan sisa permusuhan antar kedua suku ini. Sehingga munculah mitos jodoh antara orang Jawa dan Sunda.

Hal ini bermula dari Dyah Pitaloka yang merupakan putri Kerajaan Sunda, dia di jodohkan dengan Hayam Wuruk yang berhasrat untuk menjadikannya sebagai permaisuri. Tradisi menyebutkan Dyah Pitaloka sebagai gadis yang memiliki kecantikan luar biasa.

Hayam Wuruk, raja Majapahit, mungkin dengan didasari alasan politik, ingin menjadikan putri Citra Rashmi (Pitaloka) sebagai istrinya. Dia adalah anak perempuan dari Prabu Maharaja Lingga Buana dari Kerajaan Sunda.

Patih Madhu, pun makcomblang dari Majapahit, datang ke kerajaan Sunda untuk menjodohkan dan melamar tuan putri Sunda dalam suatu pernikahan kerajaan.
Perjodohan ini pun menjadi peluang untuk mengikat persekutuan dengan kerajaan Majapahit yang besar dan jaya, raja Sunda dengan suka cita memberikan restunya dan ikut pergi mengantarkan putrinya ke Majapahit untuk menikah dengan Hayam Wuruk.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut