get app
inews
Aa Read Next : Inalilahi, 2 Warga Garut Meninggal Usai Mencoblos 

Mitos Gunung Cikuray Misteri Terselubung Pertapaan Para Pendeta Padjajaran

Jum'at, 07 Juli 2023 | 10:52 WIB
header img
Mitos Gunung Cikuray Misteri Terselubung Pertapaan Para Pendeta Padjajaran (Foto: Wikipedia)

GARUT,iNewskaranganyar.id - Gunung Cikuray salah satu gunung yang ada di daerah Jawa Barat. Gunung yang terletak di Dayeuhmanggung Garut, Jawa Barat ini memiliki ketinggian 2.821 mdpl dan masuk kedalam gunung tertinggi keempat di Provinsi Jawa Barat. Setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango dan Gunung Gede.

Gunung Cikuray atau Cikurai merupakan gunung bertipe Stratovolcano. Gunung Cikuray tidak mempunyai kawah aktif. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong dari sini bisa naik melalui jalur Cilegug atau kampung Jambansari dekat markas HdG Team, Cikajang, Kiara Janggot dan Dayeuhmanggung. 

Beberapa naskah kuno menyebut Gunung Cikuray sebagai Gunung Larang Srimanganti atau Srimanganten. Sekitar abad ke-17, lereng Gunung Cikuray menjadi mandala, yaitu pusat pertapaan para pendeta dan kegiatan tulis menulis Kerajaan Sunda (Kabuyutan). Bukti-bukti tertulis mengenai mandala ini masih tersimpan di sebuah cagar budaya Ciburuy di Kecamatan Cigedug.

Mitos

Selain keindahan alam dan cerita hebatnya di masa lalu, gunung Cikuray juga menyimpan cerita mistis. Sama seperti gunung-gunung lainnya, kisah-kisah seperti hilangnya pendaki menjadi cerita yang cukup sering didengar di gunung Cikuray, sehingga menjadikan gunung ini disebut angker. 

Seperti dikutip iNewskaranganyar.id dari ceritapendaki, kisah hilangnya Reni pendaki asal Tangerang pada tahun 2009. Saat itu dalam perjalanan turun dari puncak Reni mengalami kehausan dan kelelahan yang mengakibatkan teman-temannya turun ke bawah berusaha mencarikan air untuk Reni. 

Namun ketika mereka kembali ke tempat Reni menunggu, Reni sudah tidak ada lagi disana. Pencarian terhadap Reni dilakukan namun tidak membuahkan hasil. Berbagai spekulasi terkait hilangnya Reni bermunculan, mulai dari dugaan Reni terjatuh dari tebing hingga hantu penunggu gunung Cikuray membawa Reny.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut