get app
inews
Aa Read Next : Inalilahi, 2 Warga Garut Meninggal Usai Mencoblos 

Mitos Gunung Cikuray Misteri Terselubung Pertapaan Para Pendeta Padjajaran

Jum'at, 07 Juli 2023 | 10:52 WIB
header img
Mitos Gunung Cikuray Misteri Terselubung Pertapaan Para Pendeta Padjajaran (Foto: Wikipedia)

Tempat Para Petapa Yang Penuh Misteri

Seperti halnya gunung lain di tanah jawa, mitos atau misteri inipun menyelimuti Gunung Cikuray. Tahun 1947-1949, gunung Cikuray menjadi tempat gerilya bagi para tentara untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda. 

Dalam  buku yang ditulis oleh Kolonel Purnawirawan Muhammad Rivai, berjudul Tanpa Pamrih-Kupertahankan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dalam bukunya tersebut ia menceritakan bahwa  selama memimpin pasukan bergerilya di dalam hutan ada beberapa kejadian mistis yang terjadi. 

Ceritanya bermula ketika ada beberapa pasukan yang membandel nekat mencari dua buah benda yaitu “rotan wulung” dan “cincin wulung” di sekitar makam eyang Suropandji, untuk mendapatkan kedua benda tersebut mereka kemudian melakukan pemujaan pada malam jumat. 

Konon barangsiapa yang memiliki kedua benda tersebut maka mereka akan memiliki kesaktian. Setelah melakukan ritual sejumlah pasukan tersebut kemudian mengalami kesurupan. Melihat kejadian itu Kapten Rivai (pangkatnya saat itu) menjadi marah dan langsung menendang kaki para prajuritnya, sehingga kemudian mereka menjadi sadar.

Itulah sejarah dan beberapa kisah mistis yang ada di gunung Cikuray. Terlepas dari kisah-kisah mistis yang ada, percaya dan berdoa pada Tuhan adalah kunci terbaik. 

Selain itu perlu diingat bahwa gunung Cikuray menyimpan banyak keindahan alam yang dapat kita nikmati. Semoga kita dapat mengambil sisi positifnya dan membuang sisi negatifnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut