get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak Hari Ke-2 Ramadhan untuk Banyuwangi dan Sekitarnya Rabu 13 Maret 2024

Misteri Alas Purwo, Konon Kerajaan Jin Terbesar Dunia Terletak di Ujung Timur Pulau Jawa

Kamis, 12 Januari 2023 | 10:27 WIB
header img
Hutan Alas Purwo diyakini salah satu kerajaan jin terbesar di dan masuk dalam 3 gerbang gaib dunia (Foto: Disparbud Banyuwangi)

BANYUWANGI, iNewskaranganyar.id - Taman Nasional Alas Purwo di Semenanjung Blambangan, Banyuwangi selain memiliki panorama alam indah. 

Namun dibalik keindahan alam, hutan Alas Purwo ini sangat kental dengan aroma mistisnya. 

Konon, hutan Alas Purwo, salah satu yang diyakini sebagai Kerajaan Jin di dunia. Alas purwo inipun diyakini salah satu dari tiga gerbang menuju ala gaib di dunia.

Karena keangkerannya itu, tak ada satupun pesawat yang melintas diatas hutan Alas Purwo. Tak heran, sederet tokoh-tokoh besar nusantara, diantaranya Soekarno, Sudirman, dan Supriyadi pernah bersemedi di Alas Purwo. 

Kisah mistis lainnya ini pun diyakini masyarakat, bila Alas Purwo satu di antara sejumlah yang terangker di Pulau Jawa bahkan nusantara, selain kawasan Gunung Merapi, Gunung Lawu, Alas Roban yang terdapat di Jawa Tengah, serta Gunung Arjuno yang terletak di Jawa Timur.

Salah satu Budayawan Banyuwangi, Moh. Syaiful mengisahkan beragam kisah mistis yang ia sendiri pernah mengalaminya di hutan Semenanjung Blambangan ini.

"Di hutan Alas Purwo itu ada gua yang matanya gua istana. Itu gua cukup mistis, tapi banyak didatangi orang-orang untuk bersemedi guna mencari jati diri," kitanya.

Di Alas Purwo juga terdapat beberapa titik yang konon menjadi persinggahan Nyi Roro Kidul dan Asistennya Nyi Ratu saat berada di daratan selatan Jawa.


Situs Kawitan Alaspurwo Banyuwangi (Foto: Instagram)

 

"Banyak makhluk halusnya di sana, orang banyak percaya ada beberapa tempat persemayaman Nyi Roro Kidul dan Nyi Ratu, kalau mungkin ada yang melihat di sana ada juga istana kerajaannya. Selain itu ada jin paling kaya raya namanya Yusuf, dia juga bersemayam di sana," bebernya.

Mengingat dianggap angker dan sakral, tak heran orang - orang kerap berdatangan ke Alas Purwo untuk sekedar bersemedi. Bahkan konon tokoh - tokoh nasional seperti Soekarno, Jenderal Sudirman, hingga Supriyadi pernah bersemedi di Alas Purwo.

"Di sana ada tempat tokoh-tokoh seperti Soekarno, Sudirman, dan Supriyadi semedi. Ada anggapan kalau ingin ketemu mereka pergi ke Alas Purwo situ," ucap budayawan Banyuwangi ini.

Ia juga mempunyai cerita mistis di mana sempat mengenal salah satu orang yang kerap bersemedi asal Banten, bernama Maulana. Maulana yang rela jauh - jauh meninggalkan keluarganya hanya untuk bersemedi di Alas Purwo.

"Maulana ini asal Banten ia bersemedi di Alas Purwo waktu itu pas mau masuk izin ke bapak saya, yang kebetulan salah satu juru kunci Alas Purwo, tapi hingga bertahun - tahun ia belum kembali lagi keluar Alas Purwo terakhir keluar alas purwo 2003 dan balik lagi, sampai sekarang juga belum pernah kembali," tuturnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut