get app
inews
Aa Read Next : Pangsa Pasar Terbesar Ketiga di Indonesia, Torch Resmi Buka Outletnya di Kota Malang

Mitos Dibalik Keindahan Curug Jodo Ciater Subang, Tempat Mandi Dayang Sumbi Bertemu Sangkuriang

Sabtu, 11 Februari 2023 | 21:23 WIB
header img
Mitos Dibalik Keindahan Curug Jodo Ciater Subang, Tempat Mandi Dayang Sumbi Bertemu Sangkuriang (Foto: iNewskaranganyar.id/Ditya Arnanta)

SUBANG, iNewskaranganyar.id - Kabupaten Subang adalah salah satu daerah di provinsi Jawa Barat, yang memiliki banyak obyek wisata alamnya. Ini bisa dimaklumi karena Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat.

Salah satu obyek wisata yang cukup terkenal di Subang, Jawa Barat ini adalah Curug Jodo Ciater Subang. Curug Jodo Ciater di Subang ini merupakan salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Air curug Jodo Ciater ini salah satu obyek wisata yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satunya penyakit kulit. Konon, seberat apapun penyakit kulit yang diderita, bila berendam di air di Curug Jodo Ciater yang mengandung belerang, dapat disembuhkan. Keyakinan inilah yang banyak mendorong masyarakat berbondong-bondong datang ke Curug Jodo Ciater ini.

Banyak versi menceritakan asal muasal Curug Jodo Ciater yang disekitarnya banyak terdapat pancuran-pancuran kecil. Ada cerita yang menceritakan terbentuknya Curug Jodo Ciater ini berawal dari seorang warga yang menebang pohon Atar yang memang banyak tumbuh didaerah tersebut.

Suatu hari, salah satu warga menebang pohon Atar. Saat pohon tumbang, tiba-tiba keluarlah air dari batang pohon itu yang cukup deras. Karena derasnya air, sangat membantu daerah tersebut mengatasi kekeringan yang memang saat itu tengah melanda daerah tersebut.

Namun ada pula sebuah cerita Curug Jodo Ciater ini dahulunya tempat mandi Dayang Sumbi. Seorang perempuan desa yang memiliki wajah cantik.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut